PAN Dorong Pelaku Usaha Indonesia Capai 4 Persen

Sabtu, 28 Juli 2012 – 18:23 WIB
JAKARTA - Ketua Umum DPP PAN, Hatta Rajasa mengatakan partainya akan terus mendorong minat dan tumbuhnya jumlah pengusahaa di Indonesia. Menurutnya dengan berkembangnya usaha kecil dan menengah (UKM) maka kesejahteraan rakyat terus meningkat.

"Jumlah pengusaha di Indonesia masih kecil, yakni sekitar 1 persen. Bandingkan dengan negara maju yang sudah mencapai 5 persen. Oleh karena itu, melalui berbagai upaya, termasuk melalui program MAPAN (maju bersama PAN) dan Pasar Anak Negeri, kita dorong agar pelaku usahaa di Indonesia ada di kisaran 4 persen," kata Hatta Rajasa saat membuka Pasar Anak Negeri di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (28/7).

Pasar Anak Negeri ini merupakan pameran produk unggulan oleh ratusan UKM binaan PAN yang akan digelar hingga Minggu (29/7). Kegiatan ini merupakan yang pertama dilakukan dan rencana akan berlangsung secara berkelanjutan setiap tiga bulan sekali  di kota-kota besar di Indonesia untuk memasarkan dan mempromosikan produk unggulan UKM.

Hatta yang juga menteri koordinator perekonomian mengatakan melalui program MAPAN yang melibatkan anak-anak SMU dan mahasiswa, telah lahir ribuan usahawan muda yang siap terjun ke masyarakat. Kata dia, usahawan muda ini dibekali modal pengetahuan dan keterampilan dari pakar dan praktisi bisnis, serta dana Rp 5 juta per orang bagi yang lolos dalam kompetisi wirausahawan muda MAPAN.

"Para usahawan muda ini akan diwadahi dalam sebuah komunitas bisnis yang terintegrasi, sehingga bisa tumbuh menjadi kekuatan ekonomi yang besar," kata Hatta di hadapan kader PAN yang dihadiri di antaranya Sekjen DPP PAN, Taufik Kurniawan, Menteri Kehutanan, Zulkiflie Hasan dan Menteri PAN & Reformasi Birokrasi, Azwar Abu Bakar.

Sementara itu, Ketua Badan Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan PAN, Hafizs Tohir mengatakan ada 25 wirausahawan muda yang berasal dari program MAPAN yang ikut ambil bagian dalam event Pasar Anak Negeri. "Yang belum berkesempatan ikut pada acara ini, bisa memanfaatkan acara serupa yang akan digelar di beberapa kota besar lainnya," katanya. (awa/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Perkuat Basis Suara, PAN Gaet Mantan Menpora

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler