PAN Makin Yakin Masyarakat Bisa Terima Hatta

Minggu, 02 Desember 2012 – 14:21 WIB
JAKARTA - Nama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa makin diterdongkrak dalam hasil sejumlah survei calon presiden (capres) 2014. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PAN Viva Yoga Mauladi menilai terus naiknya popularitas dan elektabilitas Menko Perekonomian itu merupakan isyarat bahwa  masyarakat pemilih Indonesia saat ini sudah rasional.

“Artinya, masyarakat saat ini sudah sangat cerdas dan rasional untuk memilih pemimpinnya berdasarkan kemampuan dan integritas dari sejumlah tokoh yang namanya sudah dimunculkan untuk bertarung pada Pilpres 2014 mendatang. Begitu juga dengan peta politik Indonesia sakarang,” kata Viva kepada wartawan di Jakarta, Minggu (2/12).

Menurut anggota DPR ini, masyarakat mengenal sosok Hatta sebagai tokoh yang sarat pengalaman. Sebab besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sudah beberapa kali menjadi menteri dengan kinerja yang dinilai mumpuni. "Terbukti, saat ini menjabat sebagai Menko Perekonomian, ekonomi Indonesia tumbuh positif, padahal di belahan dunia lainnya tengah mengalami keterpurukan,” ujarnya.

Seperti diketahui, hasil survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang dilakukan November 2012 menempatkan elektabilitas Hatta di urutan ketiga setelah Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto. JK dengan elektabilitas 14,32 persen berada di peringkat pertama, Prabowo di urutan kedua  dengan 12,58 persen dan Hatta di peringkat ketiga dengan 8,65 persen.

Sebelumnya, Hatta juga ditempatkan di peringkat teratas capres dari luar Jawa berdasarkan survei Indonesian Network Elections Survey (INES). Dengan elektabilitas  28,6 persen, Hatta sebagai tokoh luar Jawa yang melampaui telektabilitas Jusuf Kalla (20,2 persen). Sedangkan untuk capres keseluruhan, Hatta di peringkat ketiga 11,3 persen, di bawah Prabowo Subianto 19,8 persen dan Megawati Soekarnoputri 13,16 persen.(fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Seluruh Berkas Lengkap

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler