PAN Paling Tenang Hadapi Reshuffle

Senin, 17 Oktober 2011 – 06:56 WIB

JAKARTA - Tak seperti partai mitra koalisi pemerintahan lain yang mengalami kegoncangan internal dalam menyongsong reshuffle kabinet, PAN tergolong yang tidak mengalami ketegangan apapun"Dinamika internal sangat mulus

BACA JUGA: Suara Demokrat Tergerus, Golkar Makin Serius

Soliditas PAN, alhamdulilah, bagus
Semua itu menolong, membuat PAN tenang-tenang  saja," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Drajad Wibowo saat dihubungi, kemarin.

Namun, bukan berarti PAN tidak menyikapi isu perombakan kabinet secara serius

BACA JUGA: Menguat, Indikasi Darwin dan Freddy Kena Reshuffle

Beberapa hari lalu, ungkap Drajad, DPP PAN telah menggelar rapim terbatas yang dipimpin langsung Ketua Umum Hatta Radjasa
Hadir Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan, Drajad Wibowo, dan beberapa Ketua DPP PAN.

Tak ketinggalan kader PAN yang duduk di kabinet

BACA JUGA: Demokrat Terpuruk, Kompetitor Menguat

Yakni, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan"Kebetulan mereka ketua DPP juga," ujar Drajad.

Dalam rapat itu, diputuskan pilihan skenario dan skala prioritas yang akan ditempuh PANHasilnya diserahkan kepada Hattas Radjasa untuk dikomunikasikan kepada Presiden SBYSayangnya, Drajad menolak untuk menyebut skenario yang dimaksd

"Kurang enak lahYang jelas, rapatnya sampai subuhSetelah itu ya sudah kita tunggu saja," katanya.
     
Apakah PAN telah menerima jaminan "keamanan" terhadap semua menterinya? "Kalau jumlah fortofolio tetapCuma apakah ada pergeseran atau tidak, kami belum tahuKarena kalau partai lain bergeser ?geser, mau tidak mau semua partai akan terpengaruhTapi, kami belum tahu detil pastinya," jawab Drajad.
     
Dia menyampaikan sebagai mitra koalisi, selama ini PAN tergolong sangat menjaga etika kolisiSikap ini, bukannya tanpa biaya atau konsekuensi politikDalam soal bailout bank century, misalnyaMenurut Drajad, banyak desakan dari akar rumput agar PAN memilih opsi C yang menyatakan terjadi pelanggaran hukum dalam proses bailoutTapi, PAN tetap memilih berada dalam satu barisan bersama pemerintah mendukung opsi A.

"Kami juga tidak seperti partai lain yang menari-nari dan berdansa-dansa yang terkadang tidak etis dilakukan koalisiPAN tetap konsistenTapi, semua konsistensi ini bukan tanpa biaya politikTentunya  biaya politik itu diharapkan tidak disia ?siakan (presiden, Red)," tegas Drajad(fal/bay/pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gerindra Dorong RUU Desa Segera Disahkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler