PAN Papua Disibukkan Pencopotan Ketua DPD

Jumat, 14 Juni 2013 – 18:58 WIB
JAKARTA – Ketua DPD Partai Amanat Nasional  (PAN) Kabupaten Tolikara, Amerson Wenda merasa dizalimi dengan sikap Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN Papua. Ia tak habis pikir dengan keputusan yang dilakukan Ketua DPW PAN Papua Abok Busup STH.

Amerson mengatakan sudah tiga kali Abok mengeluarkan surat keputusan soal penggantian dirinya selaku ketua DPD PAN Tolikara. Jabatan itu sengaja diserahkan kepada Amos Yikwa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Tolikara.

"Ia (Abok) sudah tiga kali mengeluarkan surat keputusan untuk membatalkan saya sebagai Ketua DPD PAN," kata Amerson di Jakarta, Jumat (14/6).

Dia merasa aneh dengan keputusan itu. Alasannya, setiap pencopotan yang dilakukan Abok ternyata ditolak oleh DPP PAN. "Saya tanyakan langsung ke DPP PAN, ternyata keputusan pergantian ketua DPD tak pernah direstui," katanya.

Amerson menjelaskan surat keputusan pencopotan itu dikeluarkan tiga kali pada tahun 2013. Masing-masing, 3 April, 5 Juni dan berlanjut sampai pada 8 Juni. "Setelah kami menanyakan kembali ke DPW lalu Ketua DPW mengeluarkan surat penegasan tanggal 5 Juni tapi dibatalkan lagi tiga hari setelahnya," ucapnya.

Menurut Amerson, alasan pencopotan dirinya karena telah melakukan pemukulan kepada sekretaris DPW PAN Papua tanggal 22 Mei lalu. Namun, pemukulan itu kata dia sebagai imbas dari penolakan DPW atas keputusan DPP PAN yang tetap mengesahkan kepengurusannya.

“Saya ingin butuh kejelasan atas sikap yang dilakukan oleh Ketua DPW, karena sikap yang dilakukan ini bukan hanya di Kabupaten Tolikara, akan tetapi juga di beberapa kabupaten lainnya. Ini membingungkan buat kader,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPP PAN Bara Hasibuan selaku penaggungjawab wilayah Papua mengaku belum tahu dengan aksi pencopotan oleh DPW PAN Papua. Namun ia berjanji akan menindaklanjuti masalah itu. "Belum ada laporan, tapi kami akan mempelajarinya," katanya. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gubernur Sumsel Gratiskan Operasi Bayi Kembar Siam

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler