Pandemi Corona, Penyelamatan Mangrove Taman Nasional Way Kambas Tetap Berjalan

Senin, 20 April 2020 – 14:06 WIB
Menanam mangrove di sekitar Taman Nasional Way Kambas. Foto: Ist

jpnn.com, LAMPUNG - KLHK melalui Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung (BPDASHL WSS) dan Balai Taman Nasional Way Kambas (BTNWK) melakukan upaya Rehabilitasi Hutan Mangrove di zona penyangga Kawasan Taman Nasional Way Kambas.

Yaitu di Blok Kuala Penet Desa Suko Rahayu Kec. Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

BACA JUGA: BBKSDA NTT KLHK Gelar Doa Bersama Lintas Agama, Nanti Tuhan Tolong

Rehabilitasi hutan mangrove dilakukan dengan metode pemberdayaan kelompok tani hutan dan masyarakat sekitar kawasan hutan.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak 2017 ini diharapkan mampu memulihkan hutan mangrove di kawasan zona penyangga kawasan TNWK.

BACA JUGA: Manggala Agni KLHK Berjuang Cegah Karhutla dan COVID-19

Selain itu bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan, terlebih pada saat terjadinya dampak Pandemi Virus Corona Covid-19 saat ini.

"Kegiatan rehabilitasi dengan metode pemberdayaan masyarakat sekitar seperti ini diharapkan meningkatkan pendapatan kelompok tani dan masyarakat sekitar baik dari upah maupun penyediaan bahan-bahan dan bibit, karena seluruh bahan seperti bibit dan tenaga kerja (padat karya) memberdayakan dan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar lokasi, dan ini merupakan bagian dari upaya penanganan permasalahan sosial ekonomi dampak pandemi covid-19," ujar Kepala BPDASHL WSS, Idi Bantara..

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Nasib Perawat PPPK, Kaesang Minta Maaf, Demo Buruh 30 April

Melalui kegiatan rehabilitasi hutan mangrove tahun 2020 ini berhasil ditanam sebanyak 90.750 batang mangrove (termasuk sulaman) pada areal seluas 25 hektare. Masyarakat yang ikut terlibat tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Rahayu Mandiri.

"Kami sangat berterima kasih dilibatkan langsung dalam upaya rehabilitasi mangrove ini, kami menjadi ikut aktif pada pemulihan lingkungan, disisi lain keterampilan kami dalam pembuatan bibit tanaman meningkat sehingga kami semakin sejahtera berdaya secara ekonomi," jelas Ketua KTH Rahayu Mandiri.

BPDASHL WSS sendiri pada 2017-2019 telah melakukan upaya rehabilitasi hutan seluas total 170 hektare.

Pada 2020 ini BPDASHL WSS bekerja sama dengan BTNWK untuk merehabilitasi mangrove seluas 25 ha dengan pelibatan masyarakat dengan anggaran sekitar 319 juta rupiah. 

Dengan upaya rehabilitasi ini, selain keberhasilan rehabilitasi seluas 25 hektar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, diharapkan juga akan semakin terjaganya kawasan pantai yang sekaligus batas kawasan TNWK dari bahaya abrasi dan interusi air laut.

Selain itu juga agar semakin meningkatnya kualitas ekosistem kawasan pesisir pantai, keanekaragaman hayati yang sekaligus berimbas meningkatnya hasil tangkapan ikan nelayan, serta juga terjaganya kawasan TNWK baik secara sosial maupun teknis.

"Ke depan kegiatan seperti ini diharapkan memiliki dampak yang semakin baik, kami dari dari pihak TNWK sangat mendukung kegiatan rehabilitasi hutan seperti yang digagas BPDASHL WSS," pungkas Kepala BTNWK, Subakir.(jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler