Panselnas Perpanjang Pendaftaran CPNS 2024, Menteri Anas Merespons

Kamis, 05 September 2024 – 14:37 WIB
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. Ilustrasi Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com, JAKARTA - BKN sebagai ketua Panselnas CASN memperpanjang pendaftaran CPNS 2024 di portal SSCASN

Awalnya pendaftaran ditutup 6 September, tetapi diperpanjang lagi hingga 10 September sesuai dengan Surat Kepala BKN 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024.

BACA JUGA: 6 Kesepakatan DPR & MenPANRB, Seluruh Honorer Diangkat PPPK, Batasan 30% Belanja Pegawai Dihapus

"Pendaftaran  akan diperpanjang hingga 10 September 2024 Pukul 23.59 WIB*. Penyesuaian jadwal pendaftaran ini bertujuan untuk mengakomodasi para pelamar yang belum berhasil menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal," ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen kepada JPNN, Kamis (5/9). 

Dia menjelaskan kendala teknis seperti pembelian dan pemanfaatan materai eletronik atau e-meterai yang mengalami gangguan sehingga menghambat proses penyelesaian pendaftaran di portal, menjadi faktor utama penyesuaian jadwal dilakukan.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024: Kabar Gembira untuk Honorer dari MenPANRB

Deputi Suharmen menyebutkan kendala pembelian e-meterai oleh masyarakat di seluruh platform Peruri tidak dapat dibebankan kepada para calon pelamar sehingga Panselnas mengambil kebijakan dengan memberikan tambahan waktu pendaftaran.

"Tambahan waktu selama 4 hari dari sebelumnya batas waktu pendaftaran berakhir pada tanggal 6 September jam 23:59 WIB diubah menjadi 10 September 2024 jam 23:59 WIB," ucapnya. 

BACA JUGA: Penjelasan Panselnas Soal Link Akun SSCASN CPNS dan PPPK, Honorer Perlu Tahu, Penting

Selain itu, optimalisasi pengisian formasi CPNS juga menjadi pertimbangan dilakukannya penyesuaian jadwal pendaftaran, di mana tahun ini tersedia alokasi 250.407 formasi bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Pemerintah lewat Panselnas ingin memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini. 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Azwar Anas mengatakan pemerintah berupaya tidak merugikan peserta yang kesulitan melakukan pendaftaran. 

Oleh karena itu, Panselnas telah memperpanjang pendaftaran CPNS 2024.

"Sudah diperpanjang, para pelamar masih punya waktu 4 hari lagi," ucapnya. 

Dia menambahkan masalah e-Meterai ini bukan semata kesalahan Peruri. Ini karena jumlah peserta yang sangat banyak sehingga membuat portal e-Meterai error. 

'Ini yang daftar banyak dan berbarengan sehingga traffic meningkat," ucapnya. 

Data Badan Kepegawaian Negara (BKN) terhitung hingga 5 September 2024 pukul 08.00 WIB, jumlah pendaftar CPNS telah mencapai 2.922.336, di mana jumlah submit/resume atau mengakhiri pendaftaran mencapai 1.011.148 pelamar. 

Untuk kelancaran proses pendaftaran, terang Deputi Suharmen, para pelamar diminta untuk tidak melakukan pendaftaran saat mendekati akhir batas waktu.

Kecenderungan pelamar yang mendaftar dengan sistem kebut semalam dapat menghambat para pelamar menyelesaikan proses pendaftaran. 

"Pelamar sebaiknya memanfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal," pungkas Deputi Suharmen. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler