Pantau Mudik Jalur Laut, Kemenhub Perbanyak CCTV

Rabu, 31 Juli 2013 – 05:25 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya agar mudik Lebaran melalui jalur laut pada musim ini semakin membaik. Dalam rangka itu pula, Kemenhub memasang CCTV di 25 pelabuhan tujuan mudik.

Dirjen Perhubungan Laut Bobby Mamahit di Jakarta, Selasa (30/7) mengatakan, dari CCTV itu pula maka kegiatan mudik lebaran di pelabuhan-pelabuhan tujuan terpantau langsungdari Jakarta. "Kami telah melakukan survei, penasangan dan integrasi kamera CCTV di 25 pelabuhan yang dapat dipantau langsung Posko Pusat Ditjen Perhubungan Laut," ungkapnya.

BACA JUGA: 500 Jaksa Nakal Ditindak Kejagung

Pelabuhan-pelabuhan yang sudah dipasangi CCTV itu antara lain di Dumai, Tanjung Balai Karimun, Palembang, Samarinda, Pontianak, Nunukan, Bau-Bau, Belawan, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Banjarmasin, Balikpapan, Tarakan, Sampit, Makassar, Pare Pare, Manado, Bitung, Ternate, Ambon dan Jayapura.

Bobby menambahkan bahwa selain CCTV, pihaknya juga melakukan pelatihan aplikasi laporan angkutan laut lebaran berbasis web service. Menurutnya, hal ini untuk menunjang pelaporan harian kondisi pergerakan angkutan lebaran.

BACA JUGA: Anak Buah Diah Soemedi Didakwa Suap Karyawan Pajak

"Kita telah menyiapkan perangkat tracking system dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan pemantauan kegiatan Angkutan Lebaran 2013, khususnya untuk angkutan laut PT Pelni pelayaran perintis, serta beberapa operator lainnya," katanya.

Bobby mengaku sudah mengunjungi beberapa pelabuhan untuk memantau langsung persiapan mudik lebaran tahun ini. "Beberapa pelabuhan sudah dikunjungi, seperti Tanjung Perak dan Tanjung Emas. Ini sebagai langkah pemantau langsung dengan harapan angkutan laut saat lebaran tahun ini bisa lebih berjalan baik," ungkapnya.(ian/jpnn)

BACA JUGA: Pelni: Sudah 1.300 Sepeda Motor Mendaftar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korlantas Polri Gandeng NU Kampanye Selamat Berlalu Lintas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler