Papua Diminta Prioritaskan Benahi Sektor SDM

Senin, 29 Oktober 2012 – 12:44 WIB
JAYAPURA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Djasarmen Purba mengatakan prioritas utama yang harus dibenahi di tanah Papua adalah sektor sumberdaya manusia (SDM). Masalah dana, kata Djasarmen Purba, secara relatif dalam anggaran tahun 2013 mendatang sedikit mengalami kemajuan.

"Papua ini sangat luas dan kaya dengan potensi alam. Semua itu akan jadi sia-sia kalau masalah pembangunan SDM tidak diprioritas dalam waktu dekat ini," kata Djasarmen Purba, kepada JPNN, di Jayapura, Senin (29/10).

Terlebih di tahun 2013 mendatang. Menurut anggota DPD asal Provinsi Kepulauan Riau itu, Papua akan mendapat dana otonomi khusus (Otsus) dari APBN sebesar Rp50 triliun lebih.

"Itu jumlah yang cukup besar dan kalau dana tersebut diurus secara baik pasti akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarat Papua dan Papua Barat. Sebaliknya, kalau dikelola secara tidak profesional justru akan mendatangkan masalah baru," tegas anggota Komite II DPD itu.

Dikatakannya, salah satu upaya praktis untuk membangun SDM di Papua adalah dengan cara menyekolahkan sebanyak mungkin putra dan putri Papua ke luar Papua seperti ke Pulau Jawa yang relatif baik kualitas pendidikannya.

"Bagaimana pelaksanaan teknisnya agar mereka-mereka yang disekolahkan itu kembali ke Papua usai pendidikan, pemda sendiri yang lebih tahu. Prinsipnya jangan sampai mereka tidak kembali ke Papua setelah menyelesaikan studi," kata Djasarmen Purba.

Potensi sumberdaya alam (SDA) yang kuat dan didukung oleh dana Otsus yang memadai serta tersedianya SDM yang memadai akan bisa menyejahterakan masyarakat Papua secara signifikan. "Sebaliknya, kalau SDA dan dana yang kuat itu tidak ditunjang oleh ketersediaan SDM yang memadai, ini potensi bencana yang lebih besar lagi karena SDA dan tersebut akan menjadikan aparatur Papua berurusan aparat penegak hukum," tegas dia. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tabrak Tronton, Tiga Penumpang Minibus Tewas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler