Para Penguasa di Hammersonic 2024

Laporan Dedi Yondra, Jakarta

Sabtu, 11 Mei 2024 – 05:59 WIB
Suasana Hammersonic Festival 2024 di kawasan Pantai Carnaval Ancol, Jakarta pada Minggu (5/5). Foto: Dedi Yondra / JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hammersonic Festival 2024 telah sepekan berlalu. Akan tetapi, kenangan ingar bingar festival musik cadas terbesar se-Asia Tenggara yang diadakan Ravel Entertainment itu masih menempel di kepala.

Tahun ini, Hammersonic kembali digelar di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta pada 4 dan 5 Mei 2024. Selama 2 hari penyelenggaraan, Hammersonic 2024 mampu membuat kawasan Ancol 'menghitam' karena kehadiran puluhan ribu penonton.

BACA JUGA: Lamb of God Tutup Ingar Bingar Hammersonic 2024

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Hammersonic sudah seperti 'hari raya' bagi pencinta musik keras di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Para penikmat musik metal, punk, hardcore, emo, rock, dan lainnya dari pelosok negeri hingga negara tetangga berkumpul di Hammersonic 2024.

Hadirin datang untuk menyaksikan para adiwira alias pahlawan super dalam urusan musik keras. Sebagai festival musik cadas terbesar di Asia Tenggara, Hammersonic 2024 kali ini mengusung tema The Majestic Fellowship.

BACA JUGA: Saosin Rayakan Momen Penting di Hammersonic 2024

“Melalui tema ini, jelas memperkuat komitmen Hammersonic Festival sebagai tempat untuk merayakan persaudaraan dalam komunitas rock, metal, punk hingga sub genre musik turunannya, agar menghadirkan pengalaman musik yang bisa mempersatukan dan membangun hubungan kuat di antara penggemar musik keras di mana pun,” kata Dede Rianta alias Deri, perwakilan dari Hammersonic Festival.

Hammersonic 2024 memanjakan seluruh Hammerhead di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta dengan menyuguhkan sekitar 53 band. Puluhan band cadas internasional datang ke Indonesia dari berbagai belahan dunia.

BACA JUGA: Dentaman Madball di Hammersonic 2024

Beberapa bintang tamu utama Hammersonic 2024 yakni di antaranya Lamb of God (Virgina/Amerika), A Day To Remember (Florida/Amerika), Cradle of Filth (Suffolk/Inggris), Suicide Silence (California/Amerika), Suffocation (New York/Amerika), SAOSIN (California/Amerika).

Selanjutnya, ada Yngwie Malmsteen (Swedia), Marty Friedman (Washington/Amerika), We The Kings (Florida/Amerika), Fear Factory (Los Angeles/Amerika), Tiny Moving Part (Minnesota/Amerika), Atreyu (California/Amerika), Misery Index (Maryland/Amerika), Bleeding Through (California/Amerika).

Tidak hanya itu, Madball (New York), Venom Inc. (Newcastle), DVRK’s (Perancis), Blood Red Throne (Norwegia), hingga Nervosa (Sao Paolo-Brazil), Stand Atlantic (Australia), serta Crypt Crawler (Perth-Australia) juga beraksi di Hammersonic 2024.

"Cukup disayangkan, mendekati Hammersonic 2024, skuad Alesana tidak jadi tampil karena alasan masalah teknis dan travel logistics yang terkendala. Oleh karena itu, kami hadirkan Saosin sebagai pengganti," jelasnya.

Dari segi penampil asal kawasan Asia, Hammersonic 2024 menyuguhkan Crossfaith (Jepang), Arcadia (Filipina), Tool of The Trade (Malaysia), Bloodstone (Singapura), SPEEDBALL (Australia).

Sementara itu, band lokal yang turut menggebrak Hammersonic 2024 yaitu Remember of Today, Strangers, Straight Answer, St.Loco, Killing Me Inside Re:Union, Gorebomb, Denisa, Hunted Era, Amorfati, Rezume, Ghostline, Tabrak Lari, Speak Up, SLFR, Velhinha, Jakarta Flames, Sisi Selatan, Circafaith, Rebellion Rose, Next Me Zhanalena, Engage in Vengeance, Discrift, HYPER, Burning Flame, Bearfours, hingga Modern Guns.

Hari Pertama Hammersonic 2024:

Hari pertama Hammersonic 2024 menyuguhkan beberapa aksi band dari dalam negeri seperti, Strangers, Killing Me Inside Re:Union, Gorebomb, Denisa, Amorfati, Rezume, Velhinha, Sisi Selatan, Circafaith, Rebellion Rose, Next Me Zhanalena, Discrift, Hyper, hingga Modern Guns.

Sejumlah penampilan dari musisi internasional mampu menyedot perhatian penggemar di hari pertama Hammersonic 2024. Antara lain, A Day To Remember, Madball, Yngwie Malmsteen, Marty Friedman, Saosin, Suffocation, Fear Factory, Crossfaith, We The Kings, dan lainnya.

Gitaris asal Swedia, Yngwie Malmsteen memukau metalhead di Hammersonic 2024 dengan kemampuannya yang luar biasa. Penggemar seperti tidak berkedip menyaksikan aksi pria berusia 60 tahun itu di panggung Hammer Stage.

Yngwie Malmsteen dan kawan-kawan memainkan beberapa lagu seperti Rising Force, Seventh Sign, Evil Eye, dan Far Beyond The Sun untuk menghibur penggemar.

Tidak hanya Yngwie Malmsteen, gitaris Marty Friedman juga tidak kalah menyedot perhatian di Hammersonic 2024 hari pertama. Mantan gitaris Megadeth itu pun menyihir penonton lewat skill ajaib yang dipunya.

Marty Friedman memainkan Stigmata Addiction dan Devil Take Tomorrow sebagai pembuka aksi di Sonic Stage, Hammersonic 2024.

"Ini pertama kali saya konser di Jakarta. Kalian fantastis, terima kasih," kata Marty Friedman, Sabtu (4/5).

Gitaris kelahiran Washington itu kemudian membawakan lagu Amagi Goe, Whiteworm, Dragon Mistress, Tornado of Souls, hingga Kaze Ga Fuiteiru yang diambil dari album Tokyo Jukebox 3.

Band asal California, Saosin akhirnya kembali tampil di Jakarta, tepatnya dalam Hammersonic 2024.

Setelah sempat beberapa kali ditunda dan batal, Saosin bisa menghibur penggemar di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta pada akhir pekan lalu.

Kehadiran Saosin sebenarnya merupakan sebuah kejutan di Hammersonic 2024. Sebab, Cove Reber dan kawan-kawan masuk daftar bintang tamu secara dadakan.

Saosin dipilih Ravel Entertainment selaku promotor Hammersonic 2024 untuk menggantikan Alesana yang batal hadir.

Adapun Ravel Entertainment sempat hendak menghadirkan Saosin sebagai pembuka konser Bring Me The Horizon tahun lalu, namun urung karena masalah teknis. Oleh sebab itu, Saosin pun begitu antusias untuk beraksi di Hammersonic 2024.

Grup yang terbentuk sejak 2003 itu beraksi di panggung Empire Stage pada Sabtu (4/5) malam. Saosin membuka konser dengan lagu It’s Far Better To Learn yang langsung membuat ribuan penonton ikut bernyanyi.

“Apa kabar Jakarta? Senang akhirnya bisa kembali ke sini. Energi kalian sangat luar biasa," kata Cove Reber, vokalis Saosin.

Sajian yang dimainkan Saosin berlanjut lewat lagu-lagu seperti Sleepers, Lost Symphonies, Bury Your Head, Translating the Name, dan Collapse. Para penonton Hammersonic 2024 pun terus turut bernyanyi dan berteriak bersama.

Di tengah jeda lagu, personel Saosin mencoba untuk menyapa para penggemar. Pemain bas, Chris Sorenson kemudian menyampaikan bahwa Saosin baru saja merayakan ulang tahun ke-20 perjalanan karier.

"Kami merayakan 20 tahun karier bersama kalian. Terima kasih banyak Indonesia," teriaknya.

Pada bagian akhir penampilan di Hammersonic 2024, Saosin membawakan sejumlah lagu populer yakni Voices, 7 Years, dan You’re Not Alone yang diikuti nyanyian massal para penggemar.

Penampilan di Hammersonic 2024 menambah daftar pengalaman Saosin di Indonesia. Sejak 2007 lalu, Saosin sempat datang ke Jakarta, Bali, Bandung, dan Yogyakarta.

Band hardcore legendaris asal New York, Madball juga tampil energik dalam Hammersonic Festival 2024 pada hari pertama, Sabtu (4/5).

Grup yang terbentuk sejak 1988 itu mampu memuaskan dahaga para penggemar hardcore yang datang ke Pantai Carnaval Ancol, Jakarta.

Meski telah beberapa kali datang ke Indonesia, Madball tetap antusias untuk panggung kali ini, Hammersonic 2024.

"Ini adalah hardcore show," kata Freddy Cricien, vokalis sekaligus pentolan Madball.

Madball beraksi di atas panggung Empire Stage pada pukul 18.20 WIB. Pada kedatangan ke Indonesia kali ini, unit beatdown hardcore tersebut diperkuat oleh Freddy Cricien, Mike Justian, Mike Gurnari, dan Brendan Porray.

Kemunculan personel Madball langsung disambut oleh teriakan ribuan penonton Hammersonic 2024. Para penghuni barisan depan pun ikut bergerak mengikuti dentuman musik yang disajikan.

Madball membuka penampilan di Jakarta kali ini lewat lagu Heavenhell, Can't Stop Won't Stop, hingga Hold It Down. Sang vokalis tampak takjub dengan sambutan para hardcore kids yang memadati Hammersonic 2024.

Meski berada di atas panggung yang sangat besar dan berjarak dari penonton, Freddy Cricien mengaku masih bisa merasakan energi penggemar yang luar biasa. Dia bahkan sesekali turun langsung menyapa dan bernyanyi bersama hadirin di depan barikade.

"Kalian luar biasa, seharusnya ini tanpa jarak," ucap Freddy Cricien Madball.

Madball melanjutkan repertoar dengan lagu-lagu bertenaga lainnya, seperti Set It Off, Smell The Bacon, Lockdown, Done, HC Lives.

Lagu NYC, Get Out, Freight Train, Streets Of Hate, Across Your Face, Face To Face, Born Strong, Rev Up, juga tidak ketinggalan untuk dimainkan di Hammersonic 2024.

Di beberapa jeda lagu, para personel Madball mencoba berinteraksi dan menyapa penonton. Freddy Cricien bahkan memberi bocoran terkait karya terbaru dari Madball.

"Kami akan mengeluarkan album pada 2025," tegasnya.

Sajian dari Madball untuk penggemar di Hammersonic 2024 belum berakhir begitu saja. Lagu-lagu andalan lainnya kemudian dibawakan dengan tenaga yang masih sama, energik dan tanpa lelah.

Madball menutup aksi sempurna di Hammersonic 2024 lewat lagu Look My Way, It's My Life, For My Enemies, Pride, Down By Law, 100%, dan Doc Marten Stomp.

Hari pertama Hammersonic 2024 ditutup dengan aksi luar biasa band asal Florida, A Day To Remember. Penampilan Jeremy McKinnon dan kawan-kawan begitu paripurna dari segi setlist maupun tata suara.

"Penampilan A Day To Remember luar biasa, di luar ekspektasi," komentar salah satu penggemar seusai menyaksikan A Day To Remember di Empire Stage.

A Day To Remember memainkan beberapa pembuka seperti seperti The Downfall Of Us All, All I Want, Paranoia, A Shot In The Dark, Degenerates, dan 2nd Sucks di awal penampilan.

Selanjutnya A Day To Remember menggebrak dengan Right Back At It Again, Mr. Highway's Thinking About the End, Have Faith in Me, Miracle, Resentmen, dan lainnya. Lagu Better Off This Way yang jarang dimainkan turut dibawakan untuk pertama kali sejak 2019.

Menu penutup yang dimainkan A Day To Remember di Hammersonic 2024 yakni If It Means a Lot to You dan All Signs Point to Lauderdale.

Hari Kedua Hammersonic 2024:

Hari kedua Hammersonic 2024 menampilkan sejumlah band nasional seperti, Remember of Today, Straight Answer, St.Loco, Haunted Era, Ghostline, Tabrak Lari, Speak Up, SLFR, Jakarta Flames, Circafaith, Engage in Vengeance, Burning Flame, dan Bearfours.

Aksi panggung band dari luar negeri masih menjadi daya tarik bagi puluhan ribu penonton yang memadati Hammersonic 2024. Beberapa nama yang ramai diperbincangkan dan menjadi penguasa panggung yakni Bleeding Through, Misery Index, Venom Inc, Nervosa, Suicide Silence, As I Lay Dying, dan Lamb of God.

Band metal asal Amerika Serikat, Misery Index mengaku senang kembali hadir ke Indonesia, tepatnya di Hammersonic 2024. Beberapa lagu andalan menjadi momen melepas kerinduan bersama para metalhead.

Unit metal asal Inggris, Venom Inc juga tidak kalah menyedot perhatian penggemar di hari kedua Hammersonic 2024. Pada kedatangan kali ini, Venom Inc diperkuat oleh Tony Dolan dan Curran Murphy yang menggantikan Jeff Mantas Dunn.

Venom Inc memainkan belasan lagu, di antaranya Witching Hour, War, Come to Me, Inferno, Metal We Bleed, Black Metal, Countess Bathory, dan Sons of Satan untuk hadirin Hammersonic 2024.

Band deathcore asal California, Suicide Silence akhirnya menuntaskan kerinduan para penggemar di Hammersonic 2024.

Setelah terakhir kali datang pada 2011 lalu, Suicide Silence sangat terharu akhirnya bisa kembali tampil di Jakarta.

"Aku tidak bisa berkata-kata. Ini sangat indah," kata Hernan Hermida, vokalis Suicide Silence di atas Empire Stage, Minggu (5/5) malam.

Hal tersebut disampaikannya setelah Suicide Silence mendapat sambutan luar biasa ketika naik panggung. Lagu Unanswered yang dipilih sebagai pembuka penampilan, langsung direspons dengan liar oleh puluhan ribu penonton Hammersonic 2024.

Para hadirin di barisan depan spontan melakukan moshing dan berteriak menyanyikan lagu yang dimainkan Suicide Silence. Pemandangan itu ternyata membuat Hernan Herminda terpukau. Bagi vokalis yang baru bergabung dengan Suicide Silence sejak 2013 itu, ini merupakan panggung pertama di Jakarta.

Suicide Silence terakhir konser di Indonesia pada 2011 lalu dengan vokalis Mitch Lucker yang meninggal pada 2012.

"Kalian benar-benar luar biasa," ucap Hernan Hermida berulang kali memuji penonton Hammersonic 2024.

Pada panggung kali ini, Suicide Silence menggebrak dengan sejumlah lagu andalan. Suicide Silence tidak lupa untuk memainkan You Only Live One hingga Wake Up yang membuat penonton makin terhibur.

Selain aksi panggung Suicide Silence, Hammersonic 2024 hari kedua menghadirkan penampilan luar biasa Lamb of God.

Band metal asal Amerika Serikat, Lamb of God mendapat sambutan luar biasa saat tampil dalam Hammersonic 2024.

Lamb of God bahkan didaulat untuk menutup festival musik cadas yang diadakan Ravel Entertainment di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta pada 4 dan 5 Mei 2024.

Sejak naik panggung Empire Stage pada Minggu (5/5) malam, Randy Blythe dan kawan-kawan disambut teriakan dan tepuk tangan ribuan penonton.

Para metalhead yang hadir di Hammersonic 2024 sudah lama merindukan Lamb of God kembali beraksi di Indonesia. Oleh sebab itu, saat Lamb of God memainkan lagu pembuka, hadirin bagian depan langsung moshing dan berteriak bersama.

"Kami sangat senang kembali ke Indonesia. Kalian sangat panas," kata Randy Blythe, vokalis Lamb of God menyapa penonton Hammersonic 2024.

Lamb of God memanaskan panggung Hammersonic 2024 sekitar satu jam lebih. Sejumlah lagu tempo cepat dibawakan dengan begitu energik, personel seakan ikut meliar di atas panggung.

Begitu pun para penggemar. Hadirin Hammersonic 2024 turut bernyanyi dan bergerak seakan tenaga tidak habisnya.

"Kami cinta kalian Indonesia. Kalian luar biasa," ucap sang vokalis takjub.

Lamb of God memainkan sejumlah lagu seperti Memento Mori, Now You've Got Something to Die For, Descending, dan Redneck serta lainnya. Penampilan Lamb of God di Hammersonic 2024 sukses memuaskan kerinduan para penggemar di Indonesia.

Hari raya Hammersonic 2024 pun resmi berakhir dengan wajah-wajah penuh kepuasan puluhan ribu penonton. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler