Parfum Asal Aceh Binaan AMANAH Siap Dipamerkan di Muffest 2024

Rabu, 31 Juli 2024 – 08:21 WIB
Anak muda Aceh binaan AMANAH sedang memproduksi parfum. Dok: AMANAH.

jpnn.com, BANDA ACEH - Tujuh brand produk turunan Nilam akan berpartisipasi pada Muslim Fashion Festival (Muffest) di Istora Senayan Jakarta, 8-11 Agustus 2024. Parfum buatan generasi muda Aceh itu merupakan hasil pembinaan program Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH).

“Kalau untuk saya pribadi, tujuannya untuk mencari ilmu karena ilmu itu susah untuk berbaginya. Jadi, bagi saya, dengan mengikuti acara AMANAH ini, banyak ilmu yang saya dapatkan,” kata salah seorang pembuat parfum yang berpartisipasi, Herdiansyah, Selasa (30/7).

BACA JUGA: Inovasi Produk Unggulan UMKM Binaan AMANAH Menarik Perhatian Pengunjung Pesta Rakyat

Untuk acara tersebut, dia bersama timnya yang bernama Nilsme membuat parfum yang mengangkat ciri khas Aceh. Salah satunya, dengan menggunakan unsur minyak nilam (patchouli) sebagai bahan baku utama.

Minyak nilam asal Aceh dinilai memiliki potensi besar karena banyak diproduksi oleh petani lokal. Selain itu, kualitasnya juga diakui tidak kalah dibandingkan dengan minyak nilam yang diproduksi di daerah lain di Indonesia.

BACA JUGA: Kompetisi AMANAH Jadi Titik Awal Pengembangan Fotografi di Aceh

Namun, Herdiansyah mengakui proses pembuatan parfumnya sempat terkendala jarak tempat tinggal para anggota timnya yang berjauhan. Meskipun demikian, kendala tersebut akhirnya bisa disiasati oleh sebagian anggota yang hadir di tempat produksi.

“Kesulitannya, karena kami berasal dari daerah yang berbeda. Ketika ada acara seperti ini susah untuk kawan-kawan pergi. Jadi, sebenarnya kelompok kami ini ada tujuh orang, yang hadir tadi hanya tiga orang,” tuturnya.

BACA JUGA: AMANAH Gelar Kelas Creative Nilam dan Hadirkan Instruktur Parfum Internasional

Proses produksi parfum dilakukan setelah mereka mengikuti kelas khusus yang diisi instruktur parfum bersertifikat internasional beberapa waktu lalu. Materi yang diperoleh menjadi modal berharga untuk membuat parfum berkualitas dan bernilai jual tinggi.

Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan bantuan bahan baku hingga kemasan untuk memproduksi parfumnya masing-masing. Seluruh proses produksi itu dilakukan di Sekretariat AMANAH, Blang Padang, Kota Banda Aceh.

Proses produksi dilakukan secara bergantian oleh tujuh kelompok sejak Minggu (28/7) lalu. Meskipun demikian, para peserta bisa tetap menggunakan waktu yang disediakan secara efektif dan optimal.

“Saya pribadi puas. Mungkin, untuk ke depannya bisa membuka peluang untuk anak-anak muda yang lain. Jangan untuk kami saja. Supaya, generasi muda yang ada di Aceh tidak harus ke luar daerah untuk mencari pekerjaan. Di Aceh sendiri kita bisa menciptakan pekerjaan,” tutur Herdiansyah.

Manfaat yang dirasakan itu membuktikan kontribusi AMANAH untuk mengembangkan potensi generasi muda di Aceh. Program unggulan dari Presiden Joko Widodo itu diharapkan dapat meningkatkan pembangunan di Aceh dari berbagai sektor, termasuk dalam industri parfum. (cuyjpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AMANAH Ajari Anak Muda Aceh Bikin Kostum Karnaval


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler