Partai Gelora Gelar Aksi Nyata Mengatasi Perubahan Iklim

Sabtu, 27 November 2021 – 21:25 WIB
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta (depan) menyatakan memusatkan kegiatan Gelora Tanam 10 Juta Pohon di sub-das sungai Citarum, kampung Cikoneng, Bandung, pada Minggu (28/11). Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Gelora memusatkan kegiatan Gelora Tanam 10 Juta Pohon di sub-das sungai Citarum, kampung Cikoneng, Bandung, pada Minggu (28/11).

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta sedianya akan menanam pohon di lokasi tersebut yang diikuti serentak bersama jajaran parpol berwanra kebesaran biru itu di 34 provinsi seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Rayakan HUT ke 2, Partai Gelora Fokus Cari Solusi untuk Masalah Ekonomi Warga

Adapun, kegiatan Gelora Tanam 10 Juta Pohon ialah cara parpol yang dipimpin Anis Matta itu memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada 28 November 2021.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPN Partai Gelora Rully Syumanda menyebut kegiatan parpolnya pada 28 November menandai dimulainya gerakan menanam 10 juta pohon di Indonesia hingga November 2023.

BACA JUGA: Jelang HUT Partai Gelora, Ada Lomba Tumpeng dan Pesta Kembang Api

"Jadi ini aksi nyata yang berkelanjutan," ujar Rully dalam keterangan persnya, Sabtu (27/11).

Gerakan menanam pohon ini dilakukan Partai Gelora berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari Balai Pembibitan di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota, pihak LSM yang peduli lingkungan, hingga kalangan ulama dan artis.

Koordinator Gelora Tanam 10 Juta Pohon Ari Saptono menyebut pihaknya dalam sepekan ke belakang ini sudah meluncurkan kampanye literasi dan kolaborasi di media sosial untuk mengajak masyarakat menanam pohon.

"Kami melibatkan kalangan artis yang dikoordinasikan oleh Bang Dedi Mizwar, Ketua Bidang Pengembangan Seni Budaya di Partai Gelora," ucap Ari.

Sekjen Partai Gelora Indonesia Mahfuz Sidik menyebut parpolnya menyadari bahwa isu perubahan iklim belakangan menjadi penting.

Partai Gelora pun menyambut baik komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawan fenomena perubahan iklim ini pada saat pertemuan G20.

"Maka, Gelora Menanam 10 Juta Pohon ini sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi kecil kami untuk ikut mengatasi perubahan iklim di Indonesia," tuturnya.

Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir menggiatkan kesadaran dan gerakan menanam pohon untuk mengatasi deforestasi, bertambahnya lahan kritis, dan peningkatan suhu udara khususnya di daerah perkotaan.

Pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan program satu orang menanam dua puluh lima pohon, dengan bibit pohon yang disediakan oleh pemerintah. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler