Pasangkan Ulos di Pinggang Ganjar, Masyarakat Batak Simalungun siap Berjuang Bersama

Sabtu, 11 November 2023 – 16:26 WIB
Bakal capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo dipasangi ulos pada bagian pinggangnya saat mengunjungi Museum Simalungin di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (11/11/2023). Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, PEMATANG SIANTAR - Bakal capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo melakukan safari di wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada akhir pekan ini.

Pada Sabtu (11/11/2023), gubernur Jawa Tengah (Jateng) periode 2013-2018 dan 2018-2023 itu mengunjungi Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

BACA JUGA: Ganjar Tegaskan Diam bukan Pilihan, MKMK Sudah Beber Kesalahan Anwar Usman

Salah satu lokasi yang dikunjungi Ganjar ialah Museum Simalungun di Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Ganjar.

Begitu tiba di Museum Simalungun, Ganjar langsung disambut tarian Tortor Sombah. Tarian itu merupakan bentuk penghormatan masyarakat Batak Simalungun kepada raja, tamu, dan kerabat dekat.

BACA JUGA: Masyarakat Sipil Harus Rapatkan Barisan, Ada Gelagat Aparat Bantu Prabowo-Gibran

Selain disambut dengan tortor, bakal capres yang didukung PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu juga diberi ulos. Tokoh masyarakat Simalungun Djomen Purba memasangkan ulos di pinggang Ganjar.

"Pakaian adat biasanya dipakai komplet, tetapi kali ini kami beri kain ulos yang kami ikatkan ke pinggang Pak Ganjar. Ini sebagai simbol kita siap bekerja atau berjuang," kata Djomen.

BACA JUGA: Ganjar Semangati Ketua BEM UI Melki Sedek Huang Korban Intimidasi

Ganjar pun merasa sangat terhormat dengan ulos pemberian masyarakat Batak Simalungun tersebut.

"Saya baru tahu cara pemasangan berbeda. Ada yang diselempangkan, ada yang diikat. Filosofinya ternyata kalau orang mau bekerja, mereka bilang horja. Horja artinya kerja,” katanya.

Ganjar menilai ulos tersebut sebagai bentuk amanah yang dipercayakan kepadanya untuk berjuang memperbaiki Indonesia.

“Saya diikat (dengan ulos), memang memberikan semangat untuk kerja," tutur menantu kiai nahdiyin di Purbalingga, Jawa Tengah, itu.

Dalam kesempatan itu, bakal capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu tersebut juga menyampaikan terima kasih atas sambutan yang meriah dan luar biasa dari warga Pematang Siantar dan Simalungun.

“Mudah-mudahan nanti kita bisa bertemu dengan lebih banyak masyarakat untuk mendengarkan apa yang kemudian yang menjadi harapan, pikiran, warga yang ada di Simalungun ataupun yang ada di kota ini," ujar Gankar.

Sebelum mengunjungi museum tersebut, Ganjar berdiskusi dengan sejumlah tokoh adat, ulama, dan kaum milenial di sebuah kafe tak jauh dari bangunan yang dahulu dikenal dengan sebutan Rumah Pusaka Simalungun itu.

Tokoh masyarakat Simalungun H. Burhan Saragih yang ikut dalam diskusi itu mengaku senang bisa berdialog langsung dengan Ganjar Pranowo. Ketua Majelis Zikir Simalungun itu meyakini Ganjar akan membawa kebaikan untuk Indonesia.

"Kami percaya Pak Ganjar orang baik, amanah dan merakyat. Mudah-mudahan menjadi presiden dan bisa bawa Indonesia lebih baik," ucapnya.(jpnn.com)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Ungkap Peran Penting Tokoh Agama Ketika Temui Pimpinan Ponpes se-Sumut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler