Pasar Mobil SUV Masih Tumbuh

Sabtu, 06 Desember 2014 – 07:22 WIB
Juke. Foto: getty images

SURABAYA - Permintaan mobil SUV terus meningkat meski kondisi perekonomian tahun ini sempat menghadapi sejumlah kendala. Di antaranya, pemilu, melemahnya nilai tukar rupiah, dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.
       
Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia (NMI) R.I. Hana Maharani menyatakan, sejauh ini penjualan mobil di kelas SUV masih lancar.

Sebab, mayoritas pengguna mobil di segmen itu merupakan konsumen dari kalangan menengah atas, sehingga tidak terpengaruh. Selain itu, Juke juga biasanya mobil kedua yang dipakai konsumen.
       
"Tren lima tahun belakangan ini segmen SUV terus tumbuh. Rata-rata growth per tahunnya bisa sampai 10 persen," katanya di sela-sela pengumuman King of Juke Alter Ego Modification Contest kemarin (5/12).
       
Menurut dia, infrastruktur Indonesia yang belum semuanya bagus dan kepadatan lalu lintas memicu pertumbuhan SUV. Kondisi itu, membuat orang ingin menggunakan mobil yang lebih besar dan mewah untuk mengekspresikan diri.
       
Berdasar tahun fiskal yang diterapkan NMI, penjualan Juke dari awal tahun hingga Oktober secara nasional mencapai 1.000 unit atau menyumbang 5 persen terhadap Nissan. Sedangkan sales Juke di Jatim sekitar 270 unit.

BACA JUGA: Lagi, 16 Gerbong KRL Bekas Diditangkan dari Jepang

Dia berharap peluncuran Juke terbaru pada awal tahun depan dapat menggenjot pasar. Termasuk kontribusi dari All New Nissan X-Trail yang telah terjual 5.000 unit sejak dipasarkan September lalu. (ias/oki)

BACA JUGA: Sonangol Ternyata Kongsi Lama Surya Paloh?

BACA JUGA: Softcase Merah Khas Natal Paling Diburu

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perluas Gasifikasi ke Indonesia Timur, PLN Bangun Kilang CNG di Kalteng


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler