Pasukan Umar Bin Khatab Berkeliling Datangi Rumah Mustahik

Sabtu, 26 Mei 2018 – 22:09 WIB
BAZNAS saat menggelar acara Ekspose Layanan Aktif BAZNAS' di Botani Square Mall, Bogor, Sabtu (26/5). Foto: Istimewa

jpnn.com, BOGOR - Guna memecahkan masalah sosial masyarakat, BAZNAS hadir dalan Layanan Aktif BAZNAS (LAB).

LAB merupakan lembaga yang difungsikan untuk memberikan bantuan langsung kepada mustahik dengan berkeliling mendatangi rumah-rumah mustahik yang membutuhkan kebutuhan darurat.

BACA JUGA: BAZNAS Pesantrenkan Anak Pemulung dan Dukung Usaha Mustahik

Kebutuhan darurat ini seperti pengobatan atau pemenuhan kebutuhan pokok lainnya, yang jika tidak ditangani cepat akan berakibat semakin buruk kepada keadaan mustahik.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Mohd Nasir Tajang mengatakan, pada awal aksinya tim LAB diberi nama 'Pasukan Umar Bin Khatab'.

BACA JUGA: Unilever - BAZNAS Ajak Masyarakat Santuni 1.001 Panti Asuhan

"Pada Ramadan tahun ini, Pasukan Umar Bin Khattab memberikan layanan langsung dengan mendatangi dan menyalurkan bantuan kepada mustahik yang membutuhkan di seputar wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Nasir Tajang di sela-sela acara 'Ekspose Layanan Aktif BAZNAS' di Botani Square Mall, Bogor, Sabtu (26/5).

Ini didasari tingkat kemiskinan wilayah Jakarta dan sekitarnya yang tinggi serta banyaknya kebutuhan mendesak tidak dapat dipenuhi oleh sebagian kaum dhuafa.

BACA JUGA: Keren! BAZNAS Siapkan Parkir Khusus untuk Para Muzaki

Mereka berkeliling mencari mustahik untuk menyalurkan zakat serta bantuan lain seperti makanan dan pengobatan.

"Layanan ini terinspirasi dari Khalifah Umar Bin Khatab yang sering blusukan (berkeliling wilayah di bawah kepemimpinannya) dan berkunjung ke rumah orang-orang miskin. Setiap hari selama Ramadan, Pasukan Umar bin Khatab menyisir wilayah Jabodetabek dengan menggunakan lima unit mobil," katanya.

Tim juga memverifikasi mustahik melalui kerja sama dengan RT/RW setempat.

Layanan ini adalah layanan cepat, dari survei hingga pemberian bantuan dilakukan dalam tempo singkat. Jika survey dilaksanakan pagi hari, pada siang hari bantuan sudah bisa disalurkan.

Besarnya bantuan tergantung kebutuhan mustahik. Kebutuhan yang lebih besar dan tidak bisa ditangani oleh program ini, dilayani program BAZNAS lain, seperti Rumah Sehat BAZNAS (RSB) dan program-program Pendayagunaan ekonomi. (mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waduh, Baznas Sering Dapat Uang Palsu


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Baznas  

Terpopuler