PDI Perjuangan Dukung DPRD DKI Jakarta untuk Menciptakan Jakarta Bersih

Minggu, 10 Januari 2021 – 16:01 WIB
PDI Perjuangan melaksanakan kegiatan menanam pohon di pinggiran kali yang tepat berada di Jalan Prapatan Baru, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (10/1). Foto: PDI Perjuangan

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berjanji partainya bakal memperjuangkan program 'Jakarta Bersih' melalui politik legislasi dan politik anggaran.

Sebab, Hasto menilai program tersebut bisa membuat Sungai Ciliwung bersih dari sampah.

BACA JUGA: HUT ke-48 PDIP, Risma Tanam Pohon Salak dan Kecapi Bersama Komunitas Ciliwung Condet

Hasto menyampaikan hal tersebut usai bersama sejumlah fungsionaris PDIP menanam pohon di pinggiran kali yang tepat berada di Jalan Prapatan Baru, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (10/1).

"Kami bersyukur telah bersama-sama menanam pohon. Dengan menanam ini, kami memberi nafas kehidupan bagi bumi pertiwi, mengabdi kepada ibu pertiwi dan tanah air tercinta," kata Hasto dalam keterangan resmi kepada awak media, Minggu (10/1).

BACA JUGA: SAR Temukan Bagian Tubuh Diduga Penumpang Sriwijaya Air

Sebagai informasi, kegiatan PDI Perjuangan itu dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-48 partai.

Selain itu, kegiatan itu dipastikan sesuai protokol partai yang diawali dengan lagu Indonesia Raya dilanjutkan mars dan hymne PDIP.

BACA JUGA: Sinyal Pesawat Sriwijaya Air Ditemukan, Kopaska Sudah di Lokasi

Kemudian turut diputarkan video arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melalui layar televisi yang mencanangkan gerakan penghijauan dan bersih-bersih DAS Ciliwung.

Hasto mengatakan, arahan Megawati Soekarnoputri soal menjaga sungai adalah sangat penting. Sebab sungai adalah jalan peradaban.

"Karena itulah, kami minta Pak Pras (Prasetyo Edi Marsudi, red) selaku Ketua DPRD DKI Jakarta betul-betul memperjuangkan bagaimana Sungai Ciliwung benar-benar bersih sehinggga seluruh kehidupan flora dan fauna yang ada di dalamnya betul dapat kita rawat karena sungai sumber dari seluruh kehidupan untuk memanusiakan kehidupan manusia dengan alam raya," kata dia.

Sementara itu, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, masyarakat DKI Jakarta perlu memiliki kepedulian terkait kebersihan kali. Dia mengingatkan bahwa kali bukan tempat membuang sampah.

"Saya mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan khususnya kali. Kali bukan tempat buang sampah. Kalau lingkungan baik, masyarakat sekitar kali juga akan sehat. Begitu menurut saya. Mari jaga kali," kata Prasetyo.

Dalam kegiatan ini, Hasto dan peserta acara melaksanakan penanaman Bunga Bougenville di pot yang telah disediakan. Sebanyak 25 Bougenville dan 25 Pucuk Merah ditanam. Selanjutnya dilaksanakan gerakan pembersihan bantaran kali.

Tampak hadir di lokasi bersama Hasto dalam kegiatan menanam kali ini antara lain Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Fungsionaris DPD PDIP DKI Jakarta yang juga Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dan pengurus wilayah DKI Jakarta Pusat.

Acara dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Semua peserta menggunakan kaos hitam berlogo banteng dilengkapi masker dan sabun. Sementara panitia menggunakan kaos merah yang disablon dengan logo Cinta Ciliwung Bersih. (ast/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler