PDIP Berupaya Sebarkan Visi Islam Nasionalis

Bamusi Terapkan Politik Dakwah dan Dakwah Politik

Kamis, 15 Maret 2012 – 13:31 WIB

JAKARTA - PDI Perjuangan terus berupaya mengedepankan semangat dan praktik Islam kebangsaan di Indonesia. Melalui Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu ingin menempatkan diri sebagai kekuatan politik yang membawa visi Islam nasionalis.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Bamusi, Prof Hamka Haq, saat beraudsensi dengan Ketua MPR RI, Taufik Kiemas di gedung MPR, Senayan, jakarta, Kamis (15/3). Hamka menyatakan, secara struktural  Bamusi  telah memiliki jaringan kepengurusan di 26 provinsi dan ratusan di tingkat kabupaten/kota.

"Kader yang muncul dari Bamusi adalah kader kebangsaan. Harapannya tidak ada lagi kesalahpahaman tentang jihad, apalagi pemboman, Bamusi ini harus menjadi dapur Islam Kebangsaan," Kata Hamka.

Dipaparkannya, Bamusi sudah memiliki program dan strategi untuk menyebarkan visi Islam kebangsaan. Upaya sosialisasi melalui dakwah pun akan digenjot. "Melalui politik dakwah dan dakwah politik, kita akan kampanyekan Islam yang menghargai dan menjaga kebhinekaan," tandasnya seraya menambahkan, Bamusi akan mendorong PDIP sebagai partai yang menerapkan nilai Islam kebangsaan seperti halnya Bung Karno.

Pada kesempatan sama, Sekretaris Penasihat Bamusi, Ahmad Basarah meyakini bahwa visi Islam kebangsaan akan membawa suasana politik di tanah air menjadi teduh. Karenanya, sudah selayaknya Islam kebangsaan menjadi wajah perpolitikan nasional.

Basarah pun menegaskan, menjadi tugas Bamusi untuk menyebarkan visi Islam kebangsaan di internal PDIP. "Sedangkan di eksternal, Bamusi harus mewujudkan politik yang teduh dengan menegakkan nilai kebangsaan tanpa meninggalkan tradisi nilai keislaman," kata politisi muda PDIP itu.

Sedangkan Ketua MPR RI Taufik Kiemas berharap Bamusi bisa melakukan langkah nyata untuk ikut menyebarkan empat pilar kebangsaan. Taufik mengusulkan agar Bamusi menyiapkan modul  berisi materi kebangsaan bagi para juru dakwahnya. "Karena melalui cara seperti itu sosialisasi lebih efektif dan mengena," cetusnya.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 100 Ribu Pemuda Masjid Dukung Alex-Nono


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler