PDIP Diminta Realistis, Harus Usung Calon Eksternal Jika Ingin Menang di Pilgub Banten

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 11:54 WIB
Pasangan Airin-Arief yang sudah jelas berdasarkan survei Alvara Strategi Indonesia memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi di Pilkada Banten 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diminta harus realitis mengusung calon dari eksternal yang memiliki elektabilitas tinggi jika ingin memenangkan pertarungan Pilgub Banten 2024. Misalnya mendukung pasangan Airin-Arief.

Hal itu disampaikan Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo merespons survei terbaru Alvara Strategi Indonesia, Sabtu (24/08/2024). 

BACA JUGA: Gerindra, PKS, PAN, NasDem, PSI, PKB, PPP Usung Andra Soni-Dimyati Kusumah di Pilgub Banten 2024

Menurut Karyono, saat ini jika melihat hasil survei terbaru yang dirilis Alvara Strategi Indonesia misalnya, calon gubernur atau wakil gubernur yang merupakan kader PDIP hanya memiliki elektabilitas di bawah 10 persen.

Rano Karno misalnya hanya hanya 8,7 persen. Kader lainnya yaitu Ade Sumardi cuma memiliki elektabilitas di bawah 1 persen yaitu 0,4 persen saja.

BACA JUGA: Pilgub Banten 2024: Dimyati Natakusumah Mendaftar di 4 Parpol Termasuk PDIP

"Karena itu menurut saya kalau PDIP mau menang di Pilgub Banten, maka harus mengusung calon pasangan gubernur dan wakil gubernur yang paling kuat. Tidak masalah mengusung calon eksternal yang penting mau di PDIP kan atau dinaturalisasi," kata Karyono.

Misalnya, lanjut Karyono, pasangan Airin-Arief yang sudah jelas berdasarkan survei memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi.

BACA JUGA: Jaringan Santri di Serang Dukung Airin pada Pilgub Banten 2024

"Kalau PDIP mengusung Airin-Arief maka pasangan ini paling besar peluang menangnya. Paling kuat," katanya.

Lain halnya menurut Karyono jika PDIP memang memiliki kader yang tingkat elektabilitasnya tinggi.

"Kalau kader partainya punya elektabilitas tinggi itu baru harus diusung. Namun kalau tidak, PDIP harus realistis melihat kondisi itu," tegasnya.

Ditanya, Berdasarkan survei Alvara pasangan Airin-Arief memperoleh elektabilitas tinggi yaitu 72,4 persen.

Jauh dibandingkan pasangan Andra-Dimyati yang hanya 11,3 persen? Karyono menjawab jika sutvei itu jelas pasangan Airin-Arief memiliki tingkat kemenangan yang tinggi dibanding lawannya.

"Jadi memang kalau saya lihat peluang menangnya sangat besar kalau Airin-Arief. Dan saya rasa mereka mau dimerahkan," tandasnya.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler