PDIP Gelar Talkshow Kartini Perspektif Generasi Milenial

Rabu, 21 April 2021 – 23:14 WIB
DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak menggelar talkshow dengan tema “Perspektif Generasi Milenial tentang Kartini” di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Rabu (21/4). Foto: PDIP

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak menggelar talkshow dengan tema “Perspektif Generasi Milenial tentang Kartini” di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Rabu (21/4).

Acara dibuka oleh keynote speaker Ketua DPR RI Dr. HC  Puan Maharani, Dra. Sri Rahayu Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak serta Wasekjen PDI Perjuangan, Sadarestuwati.

BACA JUGA: Puasa Ramadan di Masa Covid-19, Momen Emas Membangun Karakter SDM Unggul

Puan menekankan untuk terus melanjutkan perjuangan Kartini dengan membangun semangat “national dan character building”.

“Bangun kualitas manusia, kapasitasi manusia dan karakter manusia sebagai manusia yang kuat, Insya Allah tantangan jaman apapun akan terus dapat diatasi,” tegas Puan saat memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2021.

BACA JUGA: Fitur AR di Google Mendapat Tambahan Banyak Karakter Populer

Sementara itu, Sri Rahayu mendorong untuk merefleksikan kembali tentang sejauh apa Kartini dimaknai di masa kini khususnya bagi para generasi milenial dan generasi Z.

“Kita harus berkaca kembali, masih adakah di negara kita ini kekerasan terhadap perempuan? Di satu sisi apakah Indonesia sudah menempatkan pendidikan seperti yang diharapkan Kartini? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu perlu kita jawab dan refleksikan kembali,” tegas Sri Rahayu.

BACA JUGA: 110 kg Sabu-sabu dan Ekstasi Tangkapan TNI AL Diserahkan kepada BNN

Lebih lanjut, Sri Rahayu berharap perjuangan Kartini harus direnungkan kembali. Apakah sudah relevan dengan peringatan yang selalu dilakukan setiap tahun.

“Masih relevankah kita peringati Hari Kartini? Apa yang kita ingat dari Kartini ini sebenarnya, saya kira ini perlu kita berkaca kembali, maka dari itu pada hari ini kami mengundang tokoh dan generasi muda untuk mendiskusikan hal ini,” ungkap Sri Rahayu.

Acara yang dimoderatori oleh Ulfah Mawardi, Stafsus Kementerian PPPA ini diisi oleh Tina Toon DPRD DKI Jakarta, Berto Tukan penulis buku, serta Kiky Saputri artis dan stand up Comedian.

Tina Toon menerangkan afirmasi masyarakat terhadap keterlibatan perempuan dalam pembangunan masyarakat.

Sementara itu, Berto Tukan berbicara tentang penerapan nilai Kartini di Indonesia saat ini, menurutnya sudah banyak tokoh perempuan yang menginspirasi saat ini, namun tantangan budaya masih belum secara komprehensif diselesaikan, khususnya persoalan gender.

Selanjutnya, Kiki Saputri menerangkan tentang 5C yang harus dimiliki perempuan zaman sekarang, yakni competition, communication, creativity, chance of ability dan capability.

Terakhir, anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Selly Gantina mendorong tentang transformasi digital yang harus diupayakan untuk dipahami khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga khususnya di masa pandemi.

“Pemanfaatan ekonomi digital memberi dampak signifikan apalagi di era pandemi ini, suka tidak suka, mau tidak mau harus didorong untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan kemudahan dalam berkegiatan,” tegas Selly mengakhiri talkshow tersebut.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler