PDIP Kecewa dengan Raihan Indonesia di Asian Games, Ingin Evaluasi Menyeluruh

Senin, 09 Oktober 2023 – 13:25 WIB
Dokumentasi - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan sangat prihatin atas anjloknya prestasi olahraga Indonesia di Asian Games 2022. PDIP menganggap terjadi penurunan rangking dan raihan medali pada ajang olahraga tersebut.

“Sangat menyedihkan, Indonesia berada di peringkat ke-13 dengan tujuh medali emas di Asian Games Hangzhou 2023. Penurunan prestasi ini harus menjadi evaluasi menyeluruh, termasuk jajaran Kemenpora yang tidak berhasil memenuhi harapan bangsa," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Senin (9/10).

BACA JUGA: Klasemen Akhir Asian Games 2022: Indonesia Gagal Mencapai Target

PDIP, lanjut Hasto, menyoroti anjloknya prestasi di cabang bulu tangkis yang menunjukkan adanya persoalan serius terkait kepemimpinan, sistem rekruitmen, pembinaan dan pelatihan, serta aspek manajerial.

“Bulu tangkis seharusnya menjadi lambang kepemimpinan Indonesia. Seluruh anak bangsa begitu sedih atas melunturnya supremasi bulu tangkis ini," ucap Hasto.

BACA JUGA: Korea Raih Emas Sepak Bola Asian Games 2022, Ini Rekor Sangat Spesial

Di cabang sepak bola yang merupakan salah satu favorit masyarakat Indonesia, juga tidak mampu mencapai perempat final.

PDI Perjuangan merekomendasikan kepada pemerintah bersama seluruh pengurus/pembina olahraga termasuk Menpora dan KONI untuk mengintropeksi diri. Duduk bersama mengevaluasi prestasi atlet Indonesia di Asian Games kali ini.

BACA JUGA: Hasil Final Bulu Tangkis Asian Games 2022: China Mendominasi, Korea Merusak Pesta

Kebijakan dan kepedulian pemerintah di sektor olahraga sangat diperlukan seperti pembinaan atlet, fasilitas, dan lain-lain.

Politik pun tidak bisa dipisahkan begitu saja dari olahraga. Amerika, Rusia dan China menunjukkan perhatian terhadap olahraga karena prestasi di bidang tersebut menjadi bentuk kekuatan suatu bangsa.

Terlepas faktor tuan rumah, prestasi China begitu dahsyat di Asian Games ini. Di ajang Olimpiade pun, China selalu menempel ketat Amerika dan Rusia.

Karena itu, olahraga tidak bisa dilepaskan dari politik kebangsaan karena di dalamnya, ada semangat, cita-cita dan tekad menunjukkan jati diri bangsa.

Melalui olahraga dapat dibangun kepemimpinan dan supremasi Indonesia bagi dunia. Di ajang Asian Games dan Olimpiade sorotan dunia sangat besar. Di sanalah momen yang tepat bagi atlet Indonesia untuk unjuk prestasi.

Dalam olahraga melekat nilai-nilai fairness, ketaatan pada aturan main, kesetaraan, dan semangat mengejar prestasi. Karena itulah menjadi sangat penting sebagai jalan eksistensi kepemimpinan Indonesia melalui olahraga. (Tan/JPNN)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebut ASEAN Games 2018, Proyek LRT Baru Jalan 11 Persen


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PDIP   Asian Games   Hasto   Pemerintah  

Terpopuler