PDIP Masih Berkabung dan Jokowi Belum Mencari Pengganti Tjahjo sebagai MenPAN RB

Selasa, 05 Juli 2022 – 19:47 WIB
Politikus PDIP Masinton Pasaribu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menyebut parpolnya masih dirundung duka menyusul kepergian MenPAN RB Tjahjo Kumolo pada Jumat (1/7) kemarin.

Dari situ, kata Masinton, partainya belum berpikir untuk mencari sosok pengganti eks Sekjen PDIP itu di kursi MenPAN RB.

BACA JUGA: Jokowi Minta Polri Bekerja dengan Hati-Hati dan Presisi

"Mungkin selesai masa berkabung baru ada pembicaraan, kan, enggak elok juga kalau keluarga masih berduka, berkabung, terus kami bicara jabatan. Itu, kan, enggak pas," kata Masinton ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/6).

Toh, kata pendiri REPDEM itu, Presiden Joko Widodo belum meminta PDIP untuk menyiapkan kadernya untuk ditempatkan sebagai MenPAN RB.

BACA JUGA: Djarot Sebut PDIP Punya Banyak Stok Pengganti Tjahjo Kumolo, Ada Ganjar Hingga Hasto

"Kalau nanti Pak Presiden meminta ke partai sebagai pengganti dari partai asal Pak Tjahjo sebagai kader PDIP, ya, nanti nama-namanya pasti dikirimkan," ujar Masinton.

Dia melanjutkan bahwa PDIP tidak akan menemui kesulitan menemukan kader apabila Kepala Negara mencari sosok MenPAN RB dari partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.

BACA JUGA: Setelah Masa Berkabung, Bu Mega Bakal Serahkan Nama Pengganti Tjahjo Kumolo ke Jokowi 

Dia menyebut sosok Ketua Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Bambang Wuryanto, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah layak menempati kursi menteri di kabinet Indonesia Maju.

"Ada Pak Bambang Wuryanto, ada Pak Utut (Adianto, red), ya, kan, ada Pak Hasto, ada banyaklah, ada Pak Basarah," ujar dia.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menyebut posisi MenPAN RB akan tetap menjadi milik PDIP.

Sebab, kata Ujang, Tjahjo bisa menjabat sebagai MenPAN RB karena berstatus sebagai kader PDIP.

Oleh karena itu, Ujang memprediksi, pengganti Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN RB tentulah dari partai PDIP.

"Saya melihat pertama pengganti itu dari PDIP. Jadi, pengganti Pak Tjahjo, karena dia dari PDIP, 100 persen dari PDIP," kata Ujang melalui layanan pesan, Senin (4/7).

Dosen Universitas Al-Azhar, Jakarta itu mengatakan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi sosok berwenang menentukan siapa kader partainya yang akan diusulkan kepada Presiden Jokowi untuk menjabat MenPAN RB.

“Soal namanya, tergantung Bu Megawati siapa yang akan diajukan ke Presiden RI. Semua direkomendasikan Ibu Megawati," ungkap Ujang. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tito Karnavian Gantikan Tjahjo Kumolo, Begini Harapan Honorer


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler