Pecahkan Rekor MURI, PDIP Yakin Senam Sicita Pikat Warga Jakarta

Minggu, 22 Mei 2022 – 09:38 WIB
Puncak kegiatan peringatan hari Kebangkitan Nasional dan Pemecahan Rekor MURI yang diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/5), dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama sejumlah fungsionaris partai yakni Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Wirjanti Sukamdani, Ketua DPP Sadar Restu dan lainnya. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menggelar senam Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) secara serentak di kabupaten/kota se-Indonesia dalam rangka menyambut hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022.

Kegiatan massal tersebut masuk dalam Museum Rekor Indonesia sebagai senam yang dilaksanakan secara daring dan luring alias hybrid dengan jumlah peserta terbanyak.

BACA JUGA: PDIP Fokus Dukung Jokowi dan Bantu Rakyat, Belum Terpikirkan Kerja Sama Politik

Puncak kegiatan peringatan hari Kebangkitan Nasional dan Pemecahan Rekor MURI yang diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/5), dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama sejumlah fungsionaris partai yakni Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Wirjanti Sukamdani, Ketua DPP Sadar Restu dan lainnya.

Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDI Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta awal Januari 2022.

BACA JUGA: Senam Sicita di Tangsel Berlangsung Meriah, Bung Klutuk Ingin Kader PDIP Tetap Sehat

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pun telah mencanangkannya sebagai senam wajib bagi kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Wakil Ketua Bidang PORA DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta William Yani Wea mengapresiasi semangat para kader di ibu kota mengikuti kegiatan senam Sicita.

BACA JUGA: Pesan Hasto Kepada Kader PDIP: Jaga Stamina untuk Pemilu 2024

Mereka sebelumnya telah melaksanakan latihan dan lomba antar pengurus sejak awal Maret 2022 .

DPD PDIP DKI sebagai tuan rumah mencatat 3.000 kader hadir langsung meramaikan senam Sicita di Lapangan Banteng, ditambah 100 ribu kader dari seluruh Indonesia yang mengikuti secara hybrid . 

Yani pun optimistis senam Sicita akan menarik minat masyarakat DKI Jakarta untuk menambah variasi kegiatan senam .

"Kami sangat optimis, banyak kader pemuda PDI Perjuangan di Jakarta yang kreatif," kata William Yani.

Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Pusat Wa Ode Herlina sebagai pelaksana kegiatan pemecahan Rekor MURI berharap kegiatan semacam ini terus diadakan di tempat yang strategis dan memiliki sejarah seperti di lapangan Banteng kali ini.

"Kami selaku perwakilan di Jakarta Pusat sangat siap membuat kegiatan kegiatan seperti ini," ungkapnya.

Setiap tim yang ikut dalam kompetisi ini mengirimkan video senam Sicita dengan ragam formasi kreatif dan penuh kearifan lokal.

Tim juri yang terdiri dari para pesenam profesional dan akademisi telah selesai menilai seluruh tim dan memilih para finalisnya. Saat ini para finalis telah mengirimkan video yang akan dipertandingkan di babak final.

Rencananya para juara kompetisi Gebyar Sicita 2022 ini akan diumumkan dalam Rakernas PDI Perjuangan yang diselenggarakan awal Juni 2022.

Selain itu, DPP PDI Perjuangan telah menyiapkan sejumlah mobil senam yang dicipta khusus dengan sound system dan panggung untuk memudahkan kader mengajak masyarakat untuk menggelar senam Sicita.

PORA DPD PDIP DKI Jakarta juga mengundang 12 peserta Tryout UTBK SBMPTN yang mendapatlan nilai tertinggi untuk diberi penghargaan di sela-sela kegiatan senam Sicita.

Para pemenang tryout senang karena diundang resmi untuk mendapat hadiah jutaan rupiah, piala dan piagam penghargaan. Mereka berharap setiap tahun DPD PDIP DKI Jakarta mengadakan kegiatan tersebut. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler