Pecco Bagnaia Mengukuhkan Dominasi Ducati di Kejuaraan Balap Dunia

Senin, 27 November 2023 – 16:12 WIB
Pecco Bagnaia merayakan gelar Juara Dunia MotoGP 2023 di Valencia. Foto: Ducati

jpnn.com, JAKARTA - Sejarah kembali terulang, kolaborasi tim Italia dengan pembalap Italia menguasai kejuaraan dunia MotoGP 2023.

Fransesco "Pecco" Bagnaia bersama tim Ducati Lenovo menutup musim 2023 dengan podium pertama di GP Valencia, sekaligus merebut gelar Juara Dunia dua musim berturut-turut.

BACA JUGA: Ducati Panigale V4 SP2 30th Anniversario 916 Hanya Tersedia 500 Unit di Dunia

Rider Ducati Desmosedici GP itu memimpin klasemen akhir di depan dua pembalap Ducati lainnya, yakni Jorge Martin (Prima Pramac) dan Marco Bezzecchi (VR46).

Podium all-Ducati Riders di MotoGP menjadi rekor bagi brand motor sport Italia itu, yang meraih kemenangan di semua kejuaraan balap dunia khususnya roda dua.

BACA JUGA: Hadir di Indonesia, Ducati Hypermotard 698 Mono Menggendong Mesin Baru

Selain kemenangan MotoGP, tim Ducati menyandingkan gelar juara WorldSBK juga lewat juara bertahan Alvaro Bautista, dan kesuksesan pertama Nicolo Bulega di WorldSSP.

Benang merah yang menyatukan seluruh kesuksesan musim balap Ducati Corse terletak pada keunggulan teknik yang mengantarkan Desmosedici GP, Panigale V4 R, dan Panigale V2 menjadi motor terbaik di grid pada kejuaraannya masing-masing.

BACA JUGA: MotoGP 2023: Perasaan Jorge Martin Setelah Gagal Jadi Juara Dunia

Faktanya, perebutan gelar Juara Dunia tiga pembalap tersebut dipadukan dengan kemenangan tiga kali lipat di kategori pabrikan untuk Ducati dalam hal sinergi bakat, semangat, dan dedikasi pabrikan asal Italia.

Tidak ada pabrikan sepeda motor lain sebelum Ducati yang mampu memenangkan gelar Juara Dunia Pembalap dan Konstruktor di MotoGP dan WorldSBK selama dua musim berturut-turut.

Bagi Ducati, satu-satunya pabrikan non-Jepang yang mampu meraih gelar Juara Dunia di MotoGP, ini merupakan gelar pembalap ketiga dalam sejarahnya, sedangkan jumlah gelar juara dunia Superbike yang diraih pembalap asal Borgo Panigale ialah sebanyak 16.

MotoGP 2023 menggambarkan supremasi teknis yang menonjol dari sepeda motor Ducati, yang mencatatkan beberapa rekor penting kejuaraan dunia roda dua yang paling penting, seperti jumlah kemenangan keseluruhan tertinggi dalam satu musim (17 Grand Prix dari 20).

Kemudian rekor jumlah pembalap berbeda terbanyak yang mampu memenangkan setidaknya satu Grand Prix seperti Bagnaia, Bastianini, Bezzecchi, Di Giannantonio, Martin, dan Zarco.

“Satu tahun yang lalu saya ingat bahwa bersama dengan para penggemar dari seluruh dunia kami merayakan gelar Juara Dunia MotoGP dan Superbike, diliputi oleh kegembiraan dan antusiasme," kata CEO Ducati Claudio Domenicali, dalam keterangannya, Senin (27/11).

"Pecco menjalani musim yang luar biasa dan hari ini dia menulis ulang sejarah kami lagi, menjadi pembalap Ducati pertama yang menjadi Juara Dunia dua kali di MotoGP."

Claudio Domenicali juga mengucapkan selamat kepada Jorge, karena telah memicu duel perebutan gelar hingga balapan terakhir, dan Bez yang telah lama menjadi bagian dari tantangan Kejuaraan Dunia.

"Kepada para penggemar Ducati saya berjanji bahwa kali ini kami tidak akan puas, tetapi kami akan bekerja untuk menang lagi," tegas dia.

Dominasi Ducati di kejuaraan balap motor Dunia juga diapresiasi tinggi oleh Ducati Indonesia.

CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto mengatakan bahwa performa Bagnaia sepanjang musim 2023 membuktikan kalau murid Valentino Rossi tersebut memiliki mental juara sejati.

Begitupun dengan Alvaro Bautista yang juga sukses meraih gelar juara dunia WorldSBK dua musim beruntun.

"Sepanjang musim ini, Bagnaia berkali-kali mendapatkan tekanan, tetapi dia selalu mampu membalikkan situasi sulit menjadi sebuah kemenangan dan perayaan besar bagi Ducati. Gelar juara ini adalah hasil yang sangat layak bagi Pecco dan seluruh keluarga Ducati di dunia," ujar Jimmy.

Ducati akan merayakan kemenangan di Kejuaraan Dunia MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSP pada 15 Desember 2023 di Bologna, Italia. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tabrakan dengan Marquez, Martin Out, Pecco Juara Dunia MotoGP 2023


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler