Pedrosa Pole di Tengah Insiden

Kali Pertama, Stoner Tak Bisa Bangun

Senin, 20 Agustus 2012 – 05:40 WIB
Dani Pedrosa. Foto: Getty Images
INDIANAPOLIS - Kualifikasi MotoGP Indianapolis kemarin dini hari WI B benar-benar dramatis. Dua kali steward harus mengangkat bendera merah karena tiga insiden kecelakaan yang menimpa Casey Stoner, Ben Spies, dan Nicky Hayden.
 
Stoner, yang musim lalu memenangkan balapan di Indianapolis, menjadi pembalap pertama yang mengalami insiden di turn 13. Ketika terjatuh, sejatinya pembalap asal Australia itu sedang memimpin dalam upaya mengejar pole position.
 
Akibat insiden itu, dia mengalami retak di engkel kanan. Penyebabnya, saat terjatuh dari motor, dia sempat terlontar tinggi sebelum mendarat dengan engkel kanan terlebih dahulu. Saat insiden itu terjadi bendera merah langsung dikibarkan dan dia dilarikan ke pusat medis Indianapolis.
 
Setelah berkonsultasi dengan dokter di pusat medis, dia kemudian diperiksakan ke rumah sakit lokal. Dari sana lah diketahui bahwa dia mengalami beberapa retakan kecil di bawah tulang tibia dan fibula serta pembengkakan di jaringan lunak engkel kanan.
 
Kendati mengalami cedera itu, Stoner tetap mendapat lampu hijau untuk balapan. Semuanya tergantung kepada pembalap kelahiran Kurri Kurri, 16 Oktober 1985 tersebut.
 
"Ini kali pertama dalam karir saya, saya tidak bisa bangun dan berjalan dari insiden yang saya alami sendiri," terang Stoner, seperti dikutip Crash.
 
Kalau pun dia tetap memaksakan diri untuk balapan, dia memiliki posisi yang cukup baik. Hingga kualifikasi berakhir, Stoner berada pada urutan keenam.
 
Setelah insiden Stoner, di turn 13 kembali terjadi insiden yang melibatkan Ben Spies. Hanya, tidak separah Stoner sehingga kualifikasi tetap berlanjut dan bendera merah tidak dikibarkan. Spies juga mampu melanjutkan kualifikasi dan berada pada posisi keempat dengan 1 menit, 39, 279 detik.
 
Paling parah insiden yang dialami Hayden. Kentucky Kid, julukan Hayden, dipastikan tidak bisa mengikuti lomba dini hari tadi karena kecelakaan yang dialaminya pada turn 14. Pembalap Ducati itu mengalami masalah pada bahunya.
 
"Setelah pemeriksaan di pusat medis dan dilanjutkan dengan pemeriksaan di Rumah Sakit Methodist Indianapolis, hasilnya negatif. Pembalap asal Amerika Serikat itu tidak bisa membalap kali ini," begitu keterangan di situs resmi Ducati.
 
Kemudian, akhirnya meraih pole position pada MotoGP Indianapolis adalah pembalap Honda Dani Pedrosa yang mencatat waktu 1 menit, 38,81 detik. Menyusul di belakangnya Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. (ham/diq)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspada Spirit Mantan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler