Peduli Lingkungan, Acer Ajak Masyarakat Hingga Komunitas Bersih-Bersih Pantai

Sabtu, 28 Januari 2023 – 21:52 WIB
Acer Indonesia bersama Seasoldier kembali melanjutkan kampanye #SayangBumi dengan melakukan bersih pantai. Foto: dok Acer Indonesia

jpnn.com, BADUNG - Acer Indonesia kembali melanjutkan kampanye #SayangBumi dengan melakukan bersih-bersih pantai di kawasan Pantai Telaga Waja, Bali, Sabtu (28/).

Dengan menggandeng komunitas peduli lingkungan Seasoldier, Acer berhasil mengumpulkan lebih dari 1,8 ton sampah.

BACA JUGA: Komunitas Nelayan Pesisir NTT Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai

Consumer Marketing Manager Acer Indonesia Anandita Puspitasari mengatakan kolaborasi itu bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi permasalahan limbah plastik.

"Kami berkolaborasi dengan Seasoldier dan komunitas setempat untuk menjalankan rangkaian kegiatan #SayangBumi dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan di sekitar pantai," kata Anandita kepada awak media di Bali, Sabtu.

BACA JUGA: Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Bagikan Sembako & Bersih-bersih Pantai Pangandaran

Dia berharap kegiatan itu bisa meningkatkan kesadaran mengenai pengolahan sampah plastik agar dapat dimanfaatkan kembali.

"Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan," tuturnya.

BACA JUGA: Kegiatan Bersih-Bersih Pantai Diadakan di Sela-Sela IFG Labuan Bajo Marathon 2022

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diperkirakan jumlah sampah di laut Indonesia mencapai lebih dari 5,75 juta ton.

Oleh karena itu, aksi bersama dan edukasi yang dilakukan oleh Acer bersama komunitas diharapkan dapat memberikan dampak yang nyata terhadap kelestarian lingkungan.

Menurut wanita berkacamata itu kegiatan tersebut didukung oleh beragam komunitas mulai dari Forum Peduli Mangrove Bali, Balaram Mangrove Heroes, Mangrove Rangers, dan generasi muda dari SMA Widiatmika Jimbaran.

Ada juga KMPL Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan sukarelawan dari Crusaders MC Indonesia Bikers, hingga masyarakat setempat dan dihadiri oleh perwakilan UPTD Taman Hutan Raya (Tahura) Provinsi Bali.

Selain bersih-bersih pantai, para pelajar dan mahasiswa juga mendapatkan edukasi mengenai cara membuat ecobrick dan manfaatnya seperti membuat meja, kursi, dan produk mebel yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Project Coordinator, Seasoldier Bali Mega Prima mengatakan pihaknya mengedukasi kepada para pelajar dan mahasiswa untuk mengolah sampah menjadi ecobrick.

“Kami mengajarkan bagaimana cara memilah limbah plastik di rumah tangga dan lingkunga secara sederhana, untuk diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Mega Prima.

Kegiatan bersih-bersih pantai di wilayah Telaga Waja Pratama berhasil mengumpulkan sebanyak 1,856 kilogram sampah yang terdiri dari organik maupun non-organik.

Pengangkutan sampah tersebut dibantu oleh truk dari pihak Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Kabupaten Badung, Bali.

Selain itu, sebagian sampah organik pun ditanam langsung ke permukaan pasir dengan kedalaman 1 meter.

Kegiatan ini melanjutkan aksi perdana Acer dan Seasoldier pada Desember 2022 di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, yang mengumpulkan lebih dari 300 kilogram sampah dengan dukungan 65 sukarelawan. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aksi Ganjar Milenial NTT Bersih-Bersih Pantai untuk Tarik Wisatawan


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler