Peduli Terhadap Kontingen ASEAN Para Games 2023, Kemenpora Carter Pesawat Pulang-Pergi

Minggu, 11 Juni 2023 – 15:47 WIB
Kemenpora RI mencarter pesawat untuk kontingen Indonesia di Asean Paragames 2023. Foto: Kemenpora

jpnn.com - Guna memastikan kenyaman para juara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah kepemimpinan Menpora RI Dito Ariotedjo menyiapkan dua pesawat carter untuk kepulangan Kontingen Indonesia dari ajang ASEAN Paragames 2023 Kamboja.

Pesawat carter ini tidak hanya digunakan untuk menjemput kontingen, tetapi juga saat kebrangaktan dari Solo menuju Bandara Phnom Penh, guna mengikuti perhelatan ASEAN Para Games 2023.

BACA JUGA: ASEAN Para Games: Figo Saputra Tambah Medali Emas dari Para-Atletik

Hal itu dilakukan untuk memastikan kenyaman para atlet dalam mengemban misi mempertahankan gelar juara umum turnamen antarnegara Asia Tenggara itu.

"Kemenpora memang sengaja mencarter pesawat Garuda untuk kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja demi kenyamanan mereka di dalam perjalanan."

BACA JUGA: ASEAN Para Games 2023: Atlet Para-angkat Besi Putri Boyong 3 Emas dan 1 Perak

"Sebab, misi mereka sangat berat, yakni mempertahankan gelar Juara Umum. Alhamdulillah, fasilitas dari kami berdampak positif, mereka mampu meraih gelar hattrick Juara Umum," ucap Menpora Dito, Minggu (11/6/2023).

Tim berlabel hattrick Juara Umum pada multi event dua tahunan atlet disabilitas negara-negara Asia Tenggara edisi ke-12 tersebut tiba di Tanah Air melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/6/2023) lalu menggunakan carter dua pesawat Garuda.

BACA JUGA: Melepas Kontingen ASEAN Para Games, Menpora Dito: Mereka Para Juara Peretas Batas

Kedatangan mereka disambut Ketua DPR RI Puan Maharani dan Seskemenpora Gunawan Suswantoro yang mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo.

"Saya mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia seusai berjuang di ASEAN Para Games 2023 Kamboja."

"Pemerintah bangga atlet para games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick. Ditambah lagi banyak cabor yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menuju Asian Para Games 2023 nanti," kata Seskemenpora Gunawan Suswantoro.

Indonesia menjadi Juara Umum ASEAN Para Games setelah duduk di posisi puncak perolihan medali dengan perincian 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu.

Thailand berada di urutan kedua dengan 126 emas, 110 perak, dan 92 perunggu. Adapun Vietnam menempati peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Sementara itu, terkait bonus, Seskemenpora Gunawan menjelaskan akan diberikan pemerintah sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo. "

Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan setara dengan atlet SEA Games 2023."

"Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen. Dan itu sama untuk atlet ASEAN Para Games kita," ujarnya.

Di sisi lain, CdM ASEAN Para Games 2023 Kamboja Andi Herman menyampaikan hasil yang dicapai oleh kontingen Indonesia ini sangat luar biasa.

"Perjuangan para atlet sangat luar biasa di ASEAN Para Games 2023 kali ini. Selain bisa menjadi juara umum dengan melampaui target medali, Indonesia juga hartrick menjadi juara umum."

"Ditambah lagi banyak para atlet yang membuat rekor baru. Hasil ini bukti kalau pembinaan atlet disabilitas kita berjalan dengan baik," ujar Andi Rahman.(dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler