Pegadaian Gelar The Gade Sociopreneurship Challenge 2024, Pebisnis Muda Mari Merapat!

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 14:05 WIB
Pegadaian kembali menggelar The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024, wadah kompetisi bagi mahasiswa Indonesia untuk mempresentasikan ide-ide bisnis inovatif mereka yang menjawab tantangan sosial sekaligus mendorong pertumbuhan kewirausahaan berkelanjutan. Foto dok Pegadaian

jpnn.com, JAKARTA - Pegadaian kembali menggelar The Gade Sociopreneurship Challenge (TGSC) 2024, wadah kompetisi bagi mahasiswa Indonesia untuk mempresentasikan ide-ide bisnis inovatif mereka yang menjawab tantangan sosial sekaligus mendorong pertumbuhan kewirausahaan berkelanjutan.

Pendaftaran telah dibuka mulai 10 September 2024 lalu hingga 29 Oktober 2024.

BACA JUGA: Keren! Agen Hebat Pegadaian Raih Penghargaan Mitra BUMN Champion 2024

TGSC 2024 merupakan bagian dari inisiatif Environmental, Social, and Governance (ESG) PT Pegadaian yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya nomor 4 dan 8, yakni Pendidikan Berkualitas dan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Kegiatan ini akan berlangsung melalui beberapa tahapan penting. Sepuluh tim terbaik akan dipilih melalui proses seleksi ketat oleh para ahli, dan mereka akan mendapatkan mentoring serta bimbingan langsung dari praktisi industri dan akademisi di bidang kewirausahaan sosial.

BACA JUGA: SIG Raih 2 Penghargaan INDI 4.0 Tahun 2024 dari Kemenperin

Para finalis ini kemudian akan mempresentasikan ide bisnis mereka dalam sesi pitching yang akan digelar pada November 2024.

"Melalui tantangan ini, PT Pegadaian ingin memberdayakan generasi sociopreneur berikutnya. Kami percaya bahwa ide-ide kreatif dari pemuda dapat menjadi solusi bagi berbagai tantangan sosial dan lingkungan yang kita hadapi saat ini. Program ini tidak hanya tentang pertumbuhan bisnis, tetapi juga tentang membangun masa depan yang lebih baik dan inklusif bagi Indonesia," ujar Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah.

BACA JUGA: Dinilai Peduli & Berkomitmen Mengurangi Sampah, Le Minerale Terima Apresiasi dari KLHK

Sejak dimulainya TGSC pada tahun 2023, program ini telah berhasil menjaring 516 peserta dari berbagai universitas di Indonesia, dengan cakupan 75 perguruan tinggi dan 46 kota/kabupaten.

Proyek-proyek yang diajukan mencakup berbagai sektor penting seperti kesehatan, lingkungan, dan pengembangan ekonomi, dengan lebih dari 54% proyek berfokus pada inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Capaian ini menjadi motivasi kuat bagi TGSC 2024 untuk menjaring lebih banyak inovator muda di seluruh Indonesia.

Roadshow TGSC 2024 juga akan diadakan di berbagai kampus di seluruh Indonesia, termasuk di Universitas Gadjah Mada, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Airlangga.

Roadshow ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menjaring lebih banyak peserta potensial dari kalangan mahasiswa. Dalam roadshow ini, narasumber yang terdiri dari sociopreneur lokal, akademisi, serta perwakilan dari PT Pegadaian akan berbagi pengetahuan mengenai wirausaha sosial dan bagaimana bisnis dapat menjadi solusi atas masalah sosial yang ada di masyarakat.

Bagi para mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti TGSC 2024, bisa segera mendaftar melalui situs resmi https://portal.gadesociopreneur.id/register atau mengunjungi The Gade Creative Lounge yang tersebar di 20 universitas di Indonesia.

Pendaftaran dibuka hingga 29 Oktober 2024, dan para peserta diharapkan mengirimkan proposal bisnis sosial sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.(adv/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler