Pegawai Dinas Tenaga Kerja Diminta Rajin Blusukan

Selasa, 07 Mei 2013 – 20:19 WIB
JAKARTA--Menakertrans Muhaimin Iskandar mengimbau agar para pekerja dan buruh yang mendapat perlakuan buruk dari majikan maupun perusahaan segera melaporkan ke pihak kepolisian maupun ke dinas tenaga kerja setempat.

Peringatan ini diungkapkan setelah diketahui terjadi kasus perbudakan pada puluhan buruh di Tangerang.

"Jangan segan-segan melaporkan diri pada polisi, kami, kepala dinas, agar bisa ditindaklanjuti cepat. Jangan takut, pemerintah di belakang orang-orang yang melaporkan," kata Muhaimin di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/5).

Muhaimin meminta setiap pemda  juga memperketat pengawasan pekerja dan perusahaan di wilayah masing-masing, tak juga perlu menunggu ada laporan. Petugas di daerah diminta sering razia, blusukan ke perusahaan-perusahaan.

Menurutnya, selama ini kegiatan bisnis skala kecil di bawah 100 pekerja sangat sulit diawasi karena bersifat tertutup. Oleh karena itu, masyarakat dan pekerja harus aktif melaporkan apabila ada kejadian maupun perlakuan yang menyimpang.

"Pada pemda, harap perketat pengawasan kalau perlu razia di zona yang tidak berikan kenyamanan pekerja. Melaporlah, biar segera ditindaklanjuti," tegas Muhaimin. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Tidak Akan Toleransi Caleg Ganda

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler