Pelaku Industri Siap Sambut Rute Singapura-Belitung

Minggu, 17 September 2017 – 09:59 WIB
Ilustrasi bandara. Foto: Radar Banjarmasin/JPNN

jpnn.com, BANGKA BELITUNG - Para pelaku industri pariwisata di Bangka Belitung sudah mulai pasang kuda-kuda menyambut rute penerbangan Singapura-Belitung.

Semuanya kompak mengarahkan pandangan ke Bandara Bandara H AS Hanandjoeddin.

BACA JUGA: Desa Wisata Sanankerto di Malang Bakal Jadi Museum Bambu

Berbagai persiapan terus dikebut. Tidak terkecuali koordinasi pelaku pariwisata untuk menarik wisatawan mancanegara.

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) bahkan telah melakukan koordinasi dengan sepuluh travel agen yang ada di Singapura.

BACA JUGA: Nih, Travel Mart Keren yang Didukung Kemenpar di Karangasem

Semuanya mengarah ke jalinan kerja sama dalam bentuk pemasaran menarik wisatawan dari Singapura.

"Kesepakatan harga trip secara include juga sudah ada (Rp 2.700.000). Karena ini buat awal-awal penerbangan, jadi semua seragam. Baik dari Singpura-Belitung maupun sebaliknya," kata Ketua DPD ASPPI Babel Agus Pahlevi.

BACA JUGA: Jumpa CEO TripAdvisor, Ini yang Dipromosikan Menpar Arief

Kerja sama antara travel tersebut, jelas Agis, kini sudah disepakati dan diarahkan buat membentuk konsorsium.

Nantinya, ada harga khusus buat promosi penerbangan perdana. Konsorsium tersebut melibatkan sepuluh agen travel di Singapura dan Belitung.

"Sepuluh travel agen itu ditunjuk buat mempromosikan Belitung di Singapura. Yang mendorong mereka adalah Kementerian Pariwisata. Sebelum ada penerbangan di sini, mereka diminta buat jualan dulu di Singpura. Kami sudah ketemu dan membahas terkait paket wisata itu," ujar Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan, pihaknya akan mendorong pembangunan objek wisata buat menyambut penerbangan Singapura-Belitung.

"Terutama dari berbagai infrastruktur pendukung. Nanti terus kami tingkatkan dan terus promosikan Belitung ke Negara lain," kata Hermanto.

Persiapan dari segi akselerasi berbagai amenitas yang diperlukan juga ikut disentuh.

Begitu juga penyiapan berbagai paket oleh travel yang kreatif maupun inovatif.

"Termasuk juga kami mendorong dan pembenahan SDM (sumber daya manusia, Red) bagi segenap pelaku pariwisata dan masyarakat," pungkas Hermanto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi langkah Kementerian Perhubungan dalam mengembangkan akses tadi.

Dari sini, industri pariwisata bisa memanfaatkannya untuk mendatangkan wisman.

“Di semua destinasi prioritas, bandaranya harus diprioritaskan menjadi international airport. Termasuk Belitung yang punya KEK Tanjung Kelayang. Ini sangat positif bagi industri pariwisata, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin," ujar Arief.

Jarak tempuh atau kedekatan geografis itu, kata Arief, cukup menentukan dalam pariwisata. Ini mirip dengan bisnis transportasi dan telekomunikasi.

 "Jarak yang semakin dekat, akses semakin mudah, semakin murah, semakin berpeluang dikunjungi. Selain jarak, juga season, ketiga bisnis itu mengenal istilah low and high season," kata Arief. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wonderful Indonesia Siap Bikin Heboh Kota Paris


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler