Pelaku Peragakan Caranya sambil Cengengesan

Sabtu, 23 Februari 2013 – 18:56 WIB
PEMBUNUH BOCAH: Solikin yang membunuh Fahri, 3,5 tahun memperagakan caranya membunuh balita itu dengan membanting hingga meninggal dan mayatnya dicor. Selama memperagakan, Solikin tampak cengengesan tanpa rasa bersalah. FOTO: GUSLAN GUMILANG / JAWA POS
SURABAYA - Reka ulang kasus pembunuhan sadis terhadap bocah 3,5 tahun bernama Fahri Khusaeni Romadhon dilaksanakan di Jalan Endrosono VII/19 kemarin (22/2). Rekonstruksi itu menyulut emosi keluarga Fahri lantaran Solikin, pelaku pembunuhan, tampak tidak serius. Dia sering cengengesan saat mempraktikkan 15 adegan keji terhadap anak pasangan Misnawi-Zubaidah itu.

Senyuman Solikin langsung memicu kemarahan Misnawi. Ayah Fahri tersebut keluar dari rumahnya yang terletak di depan rumah Solikin. Dia berusaha mengejar orang yang telah menghabisi nyawa putra bungsunya tersebut. "Itu anak saya," kata Misnawi sambil terus mengepalkan tangan.

Untuk menghindari keributan, Kapolsek Semampir Kompol Mudakkir bersama warga berusaha menahan Misnawi. Pria itu lantas dijauhkan dari kerumunan orang yang menyaksikan rekonstruksi.

Warga lain yang melihat proses rekonstruksi juga terus memaki-maki Solikin. Mereka berharap, Solikin dihukum seberat-beratnya. Bahkan, ada yang meminta Solikin dihukum mati. Sejumlah polisi dikerahkan untuk menenangkan massa yang memadati pelataran rumah Solikin.

Rekonstruksi itu dipilah menjadi dua bagian. Yang pertama adalah adegan pada Sabtu malam (16/2), saat Solikin membunuh Fahri. Rekonstruksi sesi pertama tersebut terdiri atas sembilan adegan. Sesi kedua, Solikin memperagakan enam adegan yang dia lakukan pada Selasa pagi (19/2). Adegan itu menggambarkan usaha Solikin menghilangkan bau busuk dengan cara melumuri jenazah Fahri dengan semen.

Selama rekonstruksi, Solikin juga dengan gamblang memberikan keterangan tentang tindakan yang dilakukannya. Misalnya, ketika dia berusaha menghilangkan nyawa Fahri. "Saya pegang mulut dan belakang kepalanya, lalu saya banting," kata Solikin. Dia membanting tubuh Fahri di depan rumahnya sebanyak tiga kali.

Setelah Fahri tidak bergerak, Solikin membawa bocah tersebut ke sebelah barat rumahnya. Di samping rumah itu, Solikin juga membanting Fahri beberapa kali. Untuk memastikan korban benar-benar tewas, Solikin kembali membenturkan tubuh Fahri ke lantai di dapur rumah.

Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Hendri Umar yang memimpin rekonstruksi tersebut menuturkan, berdasar hasil visum luar, kepala bagian belakang Fahri memang retak. "Bantingan berulang-ulang itulah yang mengakibatkan keretakan," jelas Hendri yang didampingi Kasubaghumas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Lily Djafar.

Selanjutnya, tubuh Fahri yang tak bernyawa diseret dan diletakkan di gang sempit sebelah timur rumah Solikin. Gang sempit itu merupakan tembok pembatas antara rumah Solikin dan rumah tetangganya. Saking sempitnya, gang tersebut hanya bisa dilewati satu orang bertubuh kurus.

Setelah menyelesaikan eksekusi maut, Solikin kembali duduk di teras rumah. Dia bertingkah seperti tak terjadi apa-apa malam itu.

Sedangkan pada adegan Selasa pagi, Solikin memulainya dengan membeli 2 kg semen. Itu dilakukan setelah dia mencium bau yang tak sedap dari jenazah Fahri. Semen tersebut hanya dicampur air dan pasir yang dia ambil dari depan rumah.

Setelah mencampur semen dengan pasir, Solikin masuk ke dalam rumah untuk mengambil kuas yang telah basah oleh semen. Selanjutnya, dia melabur bagian perut Fahri hingga dada dan kepala. Belum seluruh tubuh Fahri tertutup, ternyata adonan semen dan pasir sudah habis. Solikin pun membeli semen lagi sebanyak 5 kg. Tetapi, dia belum sempat menggunakan semen tersebut.

Sepanjang reka ulang kejadian yang dimulai sekitar pukul 13.00 kemarin, Solikin memang tampak cengengesan sambil sesekali menguap. Salah seorang anggota polisi pun menegur dia untuk lebih serius. Rekonstruksi itu berakhir sekitar pukul 14.00. Keluarga Fahri hampir mengejar Solikin setelah rekonstruksi tersebut.

Seperti diberitakan, warga Endosono VII, Semampir, gempar pada Selasa lalu. Mereka terkejut karena ada mayat bocah yang dilabur semen di samping rumah Solikin. Hasil identifikasi, mayat itu adalah Fahri, bocah 3,5 tahun yang tinggal di depan rumah Solikin. Pada hari itu juga, Solikin ditangkap polisi saat hendak kabur ke daerah Kedinding Lor.

Polisi memeriksakan kondisi kejiwaan Solikin lantaran beberapa kali pria yang pernah menikah itu terlibat dalam aksi kekerasan fisik. Hasilnya, Solikin dinyatakan normal. Hanya, tingkat emosinya memang tinggi.

Berdasar penyelidikan, polisi menyatakan bahwa Solikin adalah pelaku tunggal. Orang-orang yang serumah dengan dia tak terlibat dalam pembunuhan itu. Bahkan, dikabarkan bahwa keluarga Solikin yang melaporkan kejadian tersebut ke polisi. (jun/c7/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rumah Perwira Polisi Dirampok

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler