Pelatih Berpenghasilan Tertinggi di Piala Dunia 2010

Delapan Kali Lipat Gaji Dunga, Ingin Final Lawan Italia

Sabtu, 12 Desember 2009 – 10:52 WIB
Foto : AFP/Alexander Joe

TIDAK berlebihan Fabio Capello ditarget membawa Inggris juara Piala Dunia 2010Itu mengingat status Capello sebagai pelatih dengan penghasilan paling tinggi dibandingkan 31 koleganya

BACA JUGA: Emas SEA Games Pertama Lisa

Acuannya dari laporan Marca, harian olahraga Spanyol yang berbasis di Madrid, kemarin (11/12).

Separo beban di pundak Capello lepas manakala Inggris memastikan tiket lolos ke Piala Dunia 2010
Separo lagi akan diperjuangkannya bersama John Terry dkk di Afrika Selatan (Afsel)

BACA JUGA: Ronaldinho Pesepakbola Dekade Ini

Kalau dianalogikan versi Daily Telegraph, pelatih Italia itu sudah berhak atas tiga juta pounds
Capello tinggal memperjuangkan tiga juta pounds lagi

BACA JUGA: Robinho Betah di City



Enam juta pounds atau sekitar Rp 94,25 miliar (kurs 1 pounds = Rp 15.708) tak lain gaji total Capello selama setahunBerarti, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sudah mengeluarkan dua kali lipat dari nominal itu mengingat Capello telah menangani Three Lions - julukan timnas Inggris - sejak 7 Januari 2008.

"Saya sadar saya mendapatkan sesuatu yang berbeda dibandingkan pelatih lain di dunia, tapi tekanan melatih Inggris tidak kalah besarnyaInilah konsekuensi yang telah saya pilih sejak awal tahun lalu," kata Capello dalam curhatnya kepada Marca

Capello memang seringkali mengisi kolom di MarcaKarenanya, dari curhat mantan allenatore AC Milan, Juventus, AS Roma, dan Real Madrid itu tentang gaji, Marca membuat perbandingan gajinya dengan pelatih timnas negara lainKhususnya negara kontestan Piala Dunia 2010.

Paling dekat tentu saja dengan entrenador (pelatih) Spanyol Vicente del BosqueTernyata, selisihnya cukup jauh karena Del Bosque hanya dibayar 1,3 juta pounds (sekitar Rp 20,4 miliar) per tahunnyaBahkan, gaji Capello delapan kali lipat lebih besar dibandingkan bayaran tactician Brazil Carlos DungaPer tahunnya, Dunga "hanya? mengantongi 755 ribu pounds (sekitar Rp 12,17 miliar).

Bagaimana dengan pelatih dari negara yang segrup dengan Inggris di Piala Dunia 2010? Capello makin superiorPelatih AS Bob Bradley hanya berpenghasilan 246.599 pounds per tahun, sedangkan Matiaz Kek (Slovenia) dan Rabah Saadane (Aljazair) sama-sama di kisaran 221.902Jika penghasilan ketiganya digabung, itu masih sepersembilan dari penghasilan Capello.

"Saya harus mengakui Inggris sekarang sangat tangguhFans kami pasti bangga dengan pencapaian kamiMisi selanjutnya adalah bermain di Piala Dunia dan berharap lolos ke final dengan mengalahkan tim-tim hebat," papar Capello.

"Dan, di saat menyanyikan lagu kebangsaan, saya pasti hanya menyanyikan dua laguLagu kebangsaan Italia dan InggrisKarena itu, akan sangat indah apabila di final nanti kami bertemu Italia yang sekaligus juara bertahan," tambah allenatore 63 tahun itu.     

Italia yang telah memenangi empat kali Piala Dunia ini tercatat hanya sekali bertemu dengan Inggris yang jawara edisi 1966 ituYakni pada perebutan tempat ketiga di Piala Dunia 1990Kala itu, Italia yang bermain di kandang sendiri menang  2-1.

Inggris boleh kalah dari rekor pertemuan, tapi tetap tidak dengan penghasilan pelatihnyaAllenatore Italia Marcello Lippi yang notabene senior Capello itu ternyata hanya memperoleh 1.848.465 pounds per tahunPertanyaannya, apakah dengan pelatih timnas termahal dunia Three Lions mampu meraih trofi Piala Dunia? Kita tunggu hasilnya tahun depan(dns/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cino Batal Bertarung di AS


Redaktur : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler