Pelatih Persib Ungkap Alasan Rekrut Mateo Kocijan

Minggu, 07 Juli 2024 – 13:13 WIB
Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Bek tengah Mateo Kocijan menambah daftar jumlah pemain asing yang akan membela Persib Bandung di musim 2024/2025.

Sampai dengan hari ini, Mateo masih belum tiba dan bergabung dengan tim. Manajemen Persib menyebutkan bahwa yang bersangkutan masih mengurus Kartu Izin Terbatas (KITAS).

BACA JUGA: Masa Depan Tyronne del Pino di Persib Bandung Mulai Terkuak

Pelatih Persib Bojan Hodak mengungkapkan alasannya merekrut Mateo Kocijan. Selain dikarenakan perginya Alberto Rodriguez, menurutnya, Mateo bisa bermain di banyak posisi.

“Dia adalah gelandang bertahan, dia juga bisa bermain sebagai stopper. Jadi jika misalnya ada bek yang cedera, dia bisa bermain di posisi tersebut,” kata Hodak ditemui seusai memimpin sesi latihan di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Minggu (7/7/2024).

BACA JUGA: Sah! Persib Bandung Bakal Kelola Stadion GBLA, Durasi Jangka Panjang

Hodak menginginkan pemain yang freestyle dan juga menjadi tandem dari Dedi Kusnandar, pemain bertahan yang sudah lama dimiliki Persib.

“Untuk alasan lainnya adalah Dedi (Kusnandar) tidak punya pelapis karena hanya Dedi, gelandang bertahan yang saat ini kami miliki di dalam tim. Jadi kami harus memiliki satu pemain lain di posisi tersebut,” tuturnya.

BACA JUGA: Achmad Jufriyanto Bertahan di Persib Bandung, Punya Tugas Tambahan

Interim Director of Sports PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Adhitia Putra Herawan menambahkan, Mateo Kocijan datang atas rekomendasi pelatih Bojan Hodak.

Pemain kelahiran Koprivnica itu sebelumnya pernah bekerja sama dengan asisten Hodak sebelum datang membela klub berjuluk Maung Bandung.

“Secara permainan juga dia freestyle, dia bisa main di banyak posisi. Itu juga yang dibutuhkan sama tim, dia bisa main di gelandang bertahan, bisa main di stopper juga,” ucap Adhit.

Atas hal itu, manajemen Persib menyetujui untuk pembelian Mateo Kocijan di bursa transfer pemain musim ini untuk menyongsong Liga 1.

“Kami yakinlah berdasarkan assesment dan tim pelatih dia akan jadi penambahan yang bagus buat kami ke depannya,” tuturnya.

Sepanjang musim 2023/2024, Mateo Kocijan menganggur karena tidak memiliki klub. Terakhir, dia membela FK Partizani, klub divisi utama Liga Albania pada periode Juli 2023 hingga Januari 2024 dengan hanya bermain sebanyak 14 kali.

Pada musim 2023/2024 saat Mateo bermain, FK Partizani menjadi juara ajang Super Cup Albania. Sayangnya, Mateo tidak masuk dalam daftar pemain, baik pemain utama maupun cadangan.

Sebelum itu, Mateo Kocijan juga sempat membela beberapa klub lokal Kroasia mulai dari Borac Imbriovec, Mladost Sigetec, Tehnicar 1974, dan terakhir Slaven Belupo yang merupakan klub divisi teratas Liga Kroasia. (mcr27/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler