Pelatih Vietnam Ungkap Peran Pemain ke-12 dalam Kemenangan atas Indonesia

Jumat, 06 Mei 2022 – 23:50 WIB
laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.

jpnn.com, HANOI - Park Hang-seo memberikan apresiasi kepada seluruh pemain Vietnam yang bermain melawan Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan itu senang anak asuhannya bermain sesuai strategi yang diinginkannya.

BACA JUGA: Vietnam Menang Telak Lawan Indonesia, Filipina Siaga Satu

Bermain dengan formasi tidak wajar 5-3-2, sejatinya strategi itu dipecah menjadi 3-5-2 untuk menumpuk para pemain tengahnya berduel melawan trio milik Indonesia Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Strategi itu berjalan dengan baik karena Vietnam pulang dengan kepala tegak seusai menang dengan skor 3-0 atas Indonesia.

BACA JUGA: Myanmar Coba Curi Ilmu dari Laga Vietnam Melawan Indonesia di SEA Games 2021

Gol kemenangan tim berjuluk The Golden Star itu diciptakan melalui Nguyen Tien Linh (54’), Do Hung Dung (74’), dan Le Van Do (84’).

Selepas laga, pelatih kelahiran 1 Oktober 1957 itu mengaku senang Stadion Viet Tri, Phu Th, dipenuhi 20 ribu pendukung Timnas Vietnam.

BACA JUGA: Shin Tae Yong Sebut Gol Berbau Offside Vietnam Bikin Performa Indonesia Berubah

Kehadiran pemain ke-12 di stadion mampu membakar semangat Do Hung Dung dan kawan-kawan bermain di laga ini.

“Pada laga ini kami sempat kesulitan di babak pertama. Beruntung para pemain mendengarkan instruksi saya dengan baik di babak kedua. Banyak yang berbicara mengenai hasil, tapi tentu tidak prosesnya.” 

“Kami juga berterima kasih kepada para penggemar yang sudah mendukung para pemain di lapangan. Masih ada tiga laga ke depan dan saya berharap meraih hasil yang terbaik,” ungkap Park seusai laga.

Pada laga ini, pelatih dari Negeri Ginseng itu mengaku para pemainnya kondisi fisiknya sempat mengalami penurunan saat menit ke-60.

Tidak heran melihat hal itu, Park kemudian melakukan pergantian pemain mulai untuk menjaga fokus dan momentum keunggulan.

“Pada pertandingan ini pemain kami mulai merasakan penurunan fisik. Pergantian pemain yang saya lakukan adalah untuk mencoba mempertahankan fokus dan momentum,” tambah Park.

Kemenangan Vietnam atas Indonesia membuat negara bekas jajahan Prancis itu mengemas poin penuh pada laga pertamanya di fase Grup A cabor sepak bola SEA Games 2021.

Hasil ini untuk sementara membuat Vietnam bertengger di posisi kedua klasemen dengan poin tiga sama dengan raihan Filipina.

Filipina untuk sementara memuncaki klasemen Grup A seusai meraih kemenangan telak 4-0 atas Timor Leste.

Adapun untuk Indonesia, kekalahan dari juara Piala AFF 2018 itu membuat posisi anak-anak Shin Tae-yong bertengger di tempat keempat.

Selepas pertandingan ini, Vietnam dijadwalkan akan menghadapi Filipina (8/5) sementara Indonesia akan menjamu Timor Leste (10/5) mendatang di Stadion Viet Tri, Phu Tho.(zingnews/mcr16/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jadi Inspirator Kemenangan Vietnam, Nguyen Tien Linh Singgung Kelemahan Timnas U-23 Indonesia


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler