Pelayanan Kesehatan, Dahlan Kunjungi Puskesmas

Jumat, 08 Maret 2013 – 13:33 WIB
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari ini (8/3) meninjau ke sejumlah Puskesmas di Jakarta.

"Sebelum pemasangan Information Technologi (IT) yang akan terpasang tanggal 1 April nanti, Pak Dahlan menijau Puskesmas Kelurahan Petojo Selatan dan Puskesmas Kecamatan Gambir di Jakarta," ujar Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi pada JPNN, Jumat (8/3).

Nantinya, kata Faisal alat IT yang terpasang di sejumlah puskesmas di Jakarta tersebut, akan dipakai untuk pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) oleh Ansuransi Kesehatan (Askes).

"Nanti itu akan di uji coba di Jakarta dulu sebagai percontohan di tingkat nasional," jelas Faisal.

Setelah meninjau dua Puskesmas tersebut, Dahlan meninjau RSUD Tarakan. "Pak Dahlan ingin melihat langsung sistem pendaftaran yang akan terkoneksi dari puskesmas tingkat kelurahan, kecamatan, RSUD, RS rujukan seperti RSCM dan perusahaan yang tergabung dalam BPJS," paparnya.

"Ini sekaligus menghindari kepadatan pasien di RSCM yang seharusnya bisa ditangani di masing-masing puskesmas atau RSUD," imbuh Faisal.

Dalam kunjungan tersebut, mantan dirut PLN ini juga sempat berbincang dengan seorang ibu, yang tengah menunggu di Puskesmas.

"Pak Dahlan sempat berbincang dengan Ibu Novi yang sedang menggendong anak perempuannya sembari membawa putra pertamanya. Pak Dahlan berpesan cukup dua anak saja ya bu," tutur Faisal menirukan apa yang dikatakan Dahlan pada Ibu Novi.

Seperti diketahui, saat ini BUMN asuransi yaitu PT Askes tengah dalam proses pengubahan diri menjadi BPJS. Untuk uji coba sistem BPJS ini, DKI Jakarta bakal menjadi proyek percontohan. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RS Tanpa Kelas Tangerang Butuh 5 Ribu Pegawai

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler