Pemain ISL Tinggalkan TC

Izin Selesaikan Permasalahan Dengan Klub

Sabtu, 11 Agustus 2012 – 04:59 WIB
Bambang Pamungkas. Foto: Dok.JPNN/JPPhoto
JAKARTA-Kabar mengejutkan keluar dari pemusatan latihan (TC) timnas PSSI Djohar Arifin di Jakarta. Pemain-pemain Indonesia Super League (ISL) yang sebelumnya bergabung, ternyata telah meninggalkan lokasi TC.

Pemain ISL yang keluar dari TC itu antara lain Bambang Pamungkas (Persija Jakarta), Firman Utina, Ponaryo Astaman, M. Ridwan (Sriwijaya FC), dan Ahmad Bustomi (Mitra Kukar).

Kabar tersebut disampaikan oleh penanggung jawab timnas, Bernhard Limbong, kemarin (10/8). Dia menjelaskan bahwa pemain-pemain ISL telah meminta izin kepada dirinya untuk sementara kembali ke rumah masing-masing.

"Mereka bukan keluar atau mundur, tapi izin untuk bertemu keluarganya. Mereka akan memberi penjelasan mengenai berita yang ramai beredar sekarang, itu yang membuat keluarganya khawatir," ujarnya saat dihubungi 

Kabar yang dimaksud adalah terkait keputusan klub masing-masing pemain yang akan memberikan sanksi dan tidak akan memkai pemain itu lagi di klub. Karena itu, Limbong mengizinkan karena tidak ingin terjadi salah pengertian antara pemain dan keluarganya.

Melihat waktu TC yang tinggal lima hari lagi, Limbong menyebut pemain baru akan kembali mengikuti TC pada tahap kedua usai libur lebaran, 25 Agustus mendatang. Dia optimistis pemain ISL akan kembali berlatih dibawah arahan Nilmaizar.

"Mereka bilang kepada saya akan kembali lagi. Jika tidak, TC tetap akan berjalan, bangsa ini punya banyak pemain berkualitas, bukan hanya mereka," tegas Jenderal bintang satu tersebut.

Selain lima pemain tadi, dalam latihan timnas kemarin juga belum terlihat tiga pemain asal Papua, Oktovianus Maniani, Titus Bonai, dan Pattrich Wanggai. Ketiganya belum kembali dari izin pulang , sehari setelah menjalani laga melawan Valencia, Minggu lalu (5/8).

Praktis dalam sisa lima hari TC tahap pertama kali ini hanya diikuti oleh 15 dari 23 pemain timnas. Melihat kondisi ini, Nil juga menyesalkan karena pemainnya kembali tidak lengkap. Namun, dia menjamin latihan tetap akan berjalan sesuai program.

"Ya, person saja yang berkurang, untuk program tetap. Kualitas latihan tetap kami jaga, sesuai dengan target dan apa yang sudah saya buat," tuturnya.

Terkait pemain yang pulang, Nil membenarkan jika Bambang dkk telah izin kepadanya. Dia yakin pemain-pemain senior itu akan kembali mengikuti TC selanjutnya. Tapi, seandainya mereka tak kembali, Nil telah siap memanggil pemain lain untuk menggantikan posisi mereka.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Bambang Pamungkas yang menjewab sebelum melakukan rapat dengan manajemen Persija kemarin siang mengakui jika telah meminta izin untuk kembali ke klub.

"Lima pemain mohon ijin ke pelatih untuk menyelesaaikan masalah dengan klub terlebih dahulu, mengingat hari ini kami dipanggil klub masing-masing," ujar Bambang. (aam/ali)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Usain Bolt Gagal Cetak Rekor Baru

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler