Pembukaan Asean Paragames 2022 Diwarnai Kejutan, Gibran Naik Kuda

Sabtu, 30 Juli 2022 – 21:21 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menaiki kuda saat pembukaan Asean Paragames 2022 di Stadion Manahan Solo. Foto: Tangkapan layar akun Gibran Rakabuming di YouTube.

jpnn.com, SOLO - Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka secara resmi Asean Paragames 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7). 

Suguhan budaya Jawa, mulai dari lagu, lantunan musik, sampai wayang mendominasi dari awal sampai akhir acara upacara pembukaan.

BACA JUGA: Menpora Amali: Venue ASEAN Para Games Solo 2022 Sudah Siap Digunakan

Adapun pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Lalu, dilanjutkan dengan suguhan lagu Bengawan Solo.

BACA JUGA: Menpora Amali Terus Beri Dukungan Demi Kesuksesan APG 2022 Solo, Gibran: Luar Biasa

Setelah itu, rangkaian upacara pembukaan diteruskan dengan penampilan wayang. 

Bak panggung gelaran wayang kulit raksasa, tribun timur Stadion Manahan disulap menjadi panggung untuk sang dalang. 

BACA JUGA: APG 2022 Solo Siap Digelar, Menpora Amali Pastikan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Dengan membawa cerita wayang, pesan utama yang dibawa adalah semangat besar untuk menang. 

Melihat persaingan yang bakal seru di Asean Paragames 2022 ini, dalang pun menyampaikan bahwa semangat dari ajang ini adalah menang bersama.

Panggung upacara pembukaan Asean Paragames 2022 ini seakan ingin menunjukkan kepada dunia, khusus negara-negara Asia Tenggara bahwa Solo merupakan daerah yang kental dengan budaya tradisional Jawa. 

Sementara, wayang yang menjadi suguhan di penghujung jelang defile kontingen Asean Paragames 2022 seolah ingin menegaskan bahwa wayang ialah budaya asli Indonesia.

Tak berhenti di situ, alunan musik gamelan dan wayang orang dengan tokoh-tokohnya, juga ditampilkan menjadi pendamping kontingen yang diperkenalkan dalam pembukaan. Mulai dari Bima, Srikandi, sampai dengan Gatot Kaca, berjalan mengiringi kontingen.

Hentakan tangan dan kaki disertai hempasan selendang menjadi penegas indahnya tarian dan gerakan tokoh-tokoh wayang orang dengan baju tradisional yang mengiringi kontingen dalam defile.

"Luar biasa, pembukaannya. Ya, tunggu saja ada kejutan nanti," kata Menpora Zainudin Amali sesaat sebelum rangkaian puncak pembukaan dimulai.

Tepuk tangan dan riuh teriakan penonton di Stadion Manahan membuat suasana pembukaan makin meriah. 

Apalagi, saat kontingen Indonesia menutup defile di atas 'catwalk' berlatar putih besar yang disediakan oleh Stadion Manahan.

Saat teriakan 'Indonesia' diucapkan oleh pembawa acara, penonton pun turut membuat suasana menjadi makin meriah dengan mengangkat kertas berwarna merah dan putih yang disediakan oleh panitia.

Suasana menjadi makin dramatis, karena lantunan nada musik gamelan menjadi kian cepat, memacu adrenalin mereka yang ada di stadion.

Seusai defile dilaksanakan, Ketua Panitia Pelaksana (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka masuk lintasan lari di dalam stadion Manahan Solo dengan menunggangi kuda berwarna cokelat. 

Wali kota Surakarta itu tampak mengenakan baju tradisional Solo. 

Kuda kemudian digiring ditunggangi menuju panggung penyampaian sambutan.  

"Selamat datang di Solo," kata Gibran saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Asean Paragames 2022.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga sempat melontarkan pertanyaan kepada penonton yang datang dalam pembukaan di Stadion Manahan, Solo.

"Bangga tidak jadi tuan rumah untuk kedua kalinya?" tanya Gibran.

Seisi stadion kompak menjawab dengan kor "bangga," lantas bertepuk tangan.

Setelah video sambutan dari ketua federasi Paragames Asean diputar, barulah Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan.

Orang nomor dua di Indonesia tersebut memaparkan bahwa ajang ini sempat tertunda karena Covid-19. 

Namun, dengan semangat yang kuat, tekad seluruh pihak ternyata lebih kuat dibandingkan hambatan yang ada.

Karena itu, dia merasa bangga karena ajang ini akhirnya terselenggara di tengah kondisi yang tidak normal akibat pandemi Covid-19.

"Asean Paragames menjadi ajang persahabatan sebagai sesama negara Asean dan memperkuat hubungan antarnegara Asean. Dengan ini, saya nyatakan Asean Paragames 2022 secara resmi dibuka," ucapnya kemudian disertai seremoni mengangkat keris sebagai penanda pembukaan secara resmi. (dkk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler