Pembuktian Tangan Kedua

Minggu, 19 Agustus 2012 – 13:11 WIB
BARCELONA - Era Josep Guardiola yang bergelimang gelar telah berakhir di Barcelona. Sekarang mereka harus memulai era baru bersama Tito Vilanova yang dulu merupakan orang kedua alias asisten Guardiola.

Meski hanya asisten, tapi peran Vilanova cukup besar atas raihan sukses Barcelona dalam beberapa musim terakhir.  Sebab, dia dianggap sebagai otak dibalik strategi hebat yang diterapkan Barcelona selama ini.

Nah, apakah Vilanova mampu meneruskan cerita sukses Guardiola -  Tentu butuh proses panjang untuk menjawab semua itu.  Namun, sinyal pembuktian itu setidaknya bisa dilihat dini hari nanti WIB ketika Barcelona melakoni laga pertama di Primera Division.  Barca-julukan Barcelona akan menjamu Real Sociedad di Nou Camp, dini hari nanti (siaran langsung Trans TV pukul 02.00 WIB).
   
"Pep (sapaan Guardiola) meninggalkan kami di tangan yang benar. Pekerjaannya akan dilanjutkan. Saya yakin dengan proyek yang sedang dilaksanakan klub ini. Lagi pula, pemainnya masih tetap sama," ujar Dani Alves, bek kanan Barcelona, seperti dikutip Goal.

Melawan Sociedad yang musim lalu hanya finis pada urutan ke-12, Alves yakin mereka bisa mengatasinya. "Tim ini siap mengawali musim dengan kaki yang benar. Itu dilakukan agar kepercayaan diri tim terjaga," kata bek asal Brasil itu.

Memang, tidak banyak perubahan dalam tim Barca musim ini. Yang terlihat ada perubahan adalah di sector bek kiri di mana Jordi Alba akan menggantikan peran Eric Abidal. Pergantian ini tak akan membawa dampak semisal penurunan kualitas.  Sebab, Alba sudah membuktikan kemampuannya di Euro 2012 lalu.

Barca juga hanya kehilangan Seydou Keita.  Tapi, hengkangnya Keita tak banyak berpengaruh karena dalam beberapa musim terakhir dia hanya menjadi pelapis di lini tengah. "Tidak ada masalah dengan skuad yang kami miliki. Setiap pemain siap memberikan yang terbaik dan memulai musim dengan tenang," lanjut Alves.

Masalah buat Barca adalah kurang fokusnya konsentrasi para pemain. Sejumlah pemain sudah mulai membicarakan el clasico melawan Real Madrid di Piala Super Spanyol pada 23 Agustus nanti. Itu bisa menjadi pengganggu.

"Selalu terasa berbeda ketika akan berhadapan dengan Real Madrid dan kami harap bisa melakukan start dengan baik di liga. Kemudian, kami ingin memenangkan Piala Super Spanyol dan mengembalikan dominasi kami," kata Adriano, bek serba bisa Barca.

Selain konsentrasi, ada problem lain yang jadi sandungan buat Barca, yakni belum bugarnya kondisi sejumlah pemain karena baru pulang membela negaranya di uji coba internasional. "Memang ada beberapa pemain yang butuh istirahat, tapi kondisi cukup baik," lanjutnya. (ham/bas)

Perkiraan Pemain :
Barcelona (4-3-3): 1-Valdes (g); 2-Alves, 3-Pique, 14-Mascherano, 18-Alba; 6-Xavi, 16-Busquets, 8-Iniesta; 9-Alexis, 4-Fabregas, 10-Messi
Pelatih : Tito Vilanova

Sociedad 4-2-3-1): 1-Bravo (g); 24-De La Bella, 2- Martinez, 3-Gonzalez, 12-Angel; 8-Illaramendi, 17-Zurutuza; 7-Griezmann, 10-Prieto, 18-Castro; 11-Vella
Pelatih : Philippe Montainer
BACA ARTIKEL LAINNYA... Terjal di Pekan Awal

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler