Pemerintah Didesak Siapkan Rumah Sakit Berjalan

Minggu, 12 Agustus 2012 – 19:12 WIB
JAKARTA -- Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) di DPR, Marwan Jafar, mengingatkan pemerintah untuk serius melayani masyarakat, termasuk dalam hal kesehatan, pada musim mudik lebaran 2012 ini.

Karenanya, Anggota Komisi V DPR itu menilai, keberadaan Rumah Sakit (RS) Berjalan sangat penting disediakan pemerintah guna melayani para pemudik jelang hari raya lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah. Diharapkan pemerintah memberikan sentuhan pelayanan langsung dengan adanya RS Berjalan tersebut, supaya masyarakat nyaman.

"Masyarakat pemudik khususnya di Jalur Pantura  yang padat membutuhkan sentuhan bidang pelayanan kesehatan," kata Marwan, Minggu (12/8).

Ketua DPP PKB itu mengatakan, layanan kesehatan itu dimaksudkan sebagai pengawal stamina dan vitalitas para pemudik jika kelelahan atau karena gangguan perjalanan, maka dapat terfasilitasi dengan aman. "Dan itu dapat memberikan pertolongan jika terjadi sesuatu selama perjalanan mereka," kata Marwan.

Menurutnya, tenaga medis seperti dokter dan perawat harus tersedia. Bahkan, obat-obatan harus tersedia cukup memadai termasuk dilengkapi peralatan medis darurat.
Menurut dia, setidaknya jika butuh tindakan medis ringan bagi korban, dengan danya RS Berjalan itu maka  tidak perlu dibawa ke rumah sakit

"Tentu tidak selengkap rumah sakit yang permanen, tapi ya dengan peralatan secukupnya," jelas Marwan.

Lebih jauh dia menegaskan, RS Berjalan ini harus disediakan di lokasi strategis, pertigaan atau perempatan jalan besar. Bahkan, kata dia, bisa juga di kawasan tempat istirahat di jalan-jalan tol.

"Meski petugas kesehatan sudah banyak yang berdinas, namun RS mobile ini penting saat mudik, mengingat volume pemudiknya berlipat lipat daripada hari biasa," pungkas Marwan. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Beri Jalan Polri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler