Pemimpin Berbagai Agama Lebaran di Rumah Foke

Minggu, 19 Agustus 2012 – 22:33 WIB
JAKARTA - Para pemuka agama berdatangan ke rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Salah satunya adalah pemimpin umat Katolik Jakarta, Uskup Agung Jakarta, Monsignor Ignatius Sunaryo.

Fauzi mengatakan, silaturahmi dengan sang uskup dan tokoh-tokoh agama lainnya  merupakan agenda rutin setiap hari raya Idul Fitri. Pria yang biasa disapa Foke itu tampak senang karena para pimpinan agama menyempatkan diri menghadiri open house di kediamannya.

"Saya bersyukur tiap tahun, pada hari raya Idul Fitri, Monsignor mengunjungi saya. Dan beberapa tokoh agama lainnya di Jakarta," ujar Foke kepada wartawan, Minggu (9/8).

Foke juga menyampaikan rasa terima kasih dan hormatnya kepada para pemuka agama yang telah membantu terciptanya kerukunan beragama di Jakarta. Ia berharap kerukunan ini dapat terus terjaga di masa mendatang.

Lebih lanjut, Foke mengatakan bahwa hubungan baik dengan pemuka agama sangat membantunya dalam menjalankan tugas sebagai gubernur. Ia mengklaim bahwa selama masa kepemimpinannya, penganut berbagai agama di Jakarta mendapat kesempatan yang sama dalam beribadah.

"Saya juga bersyukur dan berterima kasih, hampir lima tahun saya menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, tidak ada satu pun kejadian yang menyebabkan umat beragama tidak bisa melaksanakan ibadahnya sesuai dengan kepercayaan masing-masing," paparnya.

Foke menolak bila kedatangan para tokoh agama dianggap upaya untuk membangun citra sebagai pluraris terkait putaran kedua Pilkada DKI 2012. Ia menegaskan, kehadiran para pemuka agama ke rumahnya murni silaturahmi dan tak ada agenda terselubung.

"Kan tadi saya bilang, setiap tahun, Monsignor datang. Begitu juga kalau Natal, saya mengunjungi Monsiyur. Ini adalah silaturahmi kita di Jakarta. Bukan karena ada Pilkada atau ada sebab lainnya," tegas calon gubernur incumbent itu.

Pemimpin agama lainnya yang hadir dalam open house di rumah Foke yakni Gede Jaman (Parisada Hindu Darma Indonesia), Onga Wijaya (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia), Pdt. Manuel E.Raintung (Persatuan Gereja-Geraja di Indonesia),  Biksu Liem Pho Ce (Perwakilan Umat Buddha Indonesia), dan KH Muhidin Ishak (Yayasan Pendidikan Manaratul Islam). (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Foke Silaturahmi Lebaran Tanpa Ditemani Prijanto

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler