Pemprov Jabar Rencanakan Pembangunan Tiga Tol Baru

Kamis, 19 Mei 2011 – 17:20 WIB
JAKARTA - Untuk mengatasi kemacetan, Provinsi Jawa Barat (Jabar) merencanakan akan membangun tiga jalan tol baruSedangkan untuk jangka pendek, Pemprov Jabar berencana akan memperbaiki manajemen transportasi dan angkutan umum masyarakat

BACA JUGA: Penumpang Tarakan-Tawau Meningkat

Rencananya dalam hal ini, Jabar akan mengambil konsep "3 in 1" yang sudah berjalan di Jakarta.

"Kita rencanakan ada tiga tol baru di Jabar, khususnya di Bandung Raya
Yang pertama, tol Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR)

BACA JUGA: Waspadi NII, Warga Diminta Amalkan Al Quran

Membentang dari Pasteur ke Ujung Berung sampai ke Cileunyi," papar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, kepada wartawan di kantor Menko Ekonomi, Kamis (19/5).

Ahmad Heryawan melanjutkan, jalur tol kedua membentang dari Cisumdau, Cileunyi, Sumedang dan Dauwan
Jalur ini diharapkan bisa memperlancar arus pergerakan barang dan orang dari dan menuju kawasan Cirebon

BACA JUGA: Siapkan Pemekaran, Bentuk 5 Distrik Baru

Jalur ini juga diyakini bisa mengurangi kepadatan kota.

Sedangkan jalur tol ketiga, disebutkan ada di Saroja, tepatnya di Soreang Pasir KojaPentingnya jalur tol di sini, disebutkan karena di Soreang banyak kawasan industri dan kawasan perekonomianKarena itu, diperlukan jalur yang menghubungkan antara kawasan industri Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung-nya sendiri.

"Semua tol ini kan membelah kotaKita rencanakan (pembangunannya) mulai dalam tahun ini juga," tegas Ahmad.

Selain jalan tol, jalur kereta api juga disebutkan akan direvitalisasiSementara untuk anggaran pembebasan lahan ditambah konstruksi lahan, diperkirakan akan menelan biaya hingga Rp 8 triliun untuk satu jalur tol"Jadi nanti anggarannya melibatkan konstruksi APBNAdapun pembebasan lahannya (oleh) BUMD Jawa Barat melalui PT Jasa SaranaJadi sistemnya sharing," jelas Ahmad.

Sementara, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Bandung termasuk dari enam kota yang memiliki tingkat kepadatan tertinggi di IndonesiaOleh karenanya, selain akan memanfaatkan busway, pemerintah pusat akan memaksimalkan kembali potensi jalur kereta api.

"Selain ada jalur Selatan, nanti akan dihidupkan kembali kereta api yang selama ini memang sudah ada relnyaJadi jalur yang semula mati, kita hidupkan kembali," kata Hatta(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Senopi Diserang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler