Pemprov Jateng Terima Donasi 250 Unit Konsentrator Oksigen

Senin, 11 Oktober 2021 – 20:19 WIB
Vice President Director Djarum Foundation F.X Supanji melakukan serah terima simbolis donasi 250 unit konsentrator oksigen kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Djarum Foundation

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menerima donasi 250 unit konsentrator oksigen dari Djarum Foundation.

Vice President Djarum Foundation FX Supanji mengatakan bahwa Donasi itu sebagai upaya mengantisipasi munculnya gelombang ketiga kasus Covid-19.

BACA JUGA: Djarum Foundation Hadirkan Sentra Vaksinasi dan Tim Vaksin Keliling di Semarang

"Kami berharap donasi ini dapat membantu mengantisipasi kebutuhan oksigen ketiga gelombang baru kasus Covid-19," kata FX Supanji dalam keterangan tertulis, Senin (11/10).

Mengutip data corona.jatengprov.go.id, saat ini seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah telah keluar dari zona merah dengan beberapa wilayah berstatus penyebaran covid-19 resiko sedang (zona orange) dan rendah (zona kuning).

BACA JUGA: Kemenperin Terima Bantuan Konsetrator Oksigen dari Djarum Foundation

Menurut Supanji, antisipasi harus terus dilakukan mengingat hingga Minggu (10/10), masih terdapat 3.476 pasien covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri ataupun perawatan di rumah sakit dengan penambahan kasus harian sebanyak 145 orang. 

“Artinya, penyebaran masih ada sehingga jangan lengah karena pandemi ini belum berakhir sampai kita berhasil membentuk kekebalan komunal,” ujar Supanji.

BACA JUGA: Begini Cara Pemprov Jateng Atasi Kemiskinan Ekstrem

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kerja sama yang baik antar-pemerintah, swasta, tenaga kesehatan dan masyarakat merupakan langkah bijak guna bersama-sama memerangi pandemi.

"Semangat gotong royong merupakan hal yang sangat penting agar mampu melewati masa pandemi seperti saat ini," kata Ganjar.

Konsentrator oksigen adalah alat medis yang berfungsi untuk memberikan oksigen dengan orang yang memiliki gangguan pernapasan. 

Menurut surat edaran World Health Organization (WHO) pada April 2020, terapi oksigen menggunakan konsentrator oksigen bagi penderita Covid-19 dapat dilakukan dengan pemberian oksigen aliran rendah berkisar 1-2 liter/menit hingga aliran tinggi yakni 10-15 liter oksigen per menit.

Sesuai dengan acuan badan kesehatan dunia tersebut, Djarum Foundation mendonasikan konsentrator oksigen yang memiliki kemampuan memproduksi 10 liter oksigen per menit.

Konsentrator oksigen menjadi populer di tengah masyarakat mengingat alat ini mudah dibawa-bawa dan juga tidak membutuhkan pasokan oksigen layaknya tabung oksigen konvensional.

Donasi ini termasuk dalam rangkaian donasi 1.000 unit konsentrator oksigen yang berjalan sejak awal September 2021.

Sebelumnya, Djarum Foundation juga telah menyumbangkan ratusan konsentrator oksigen ke sejumah rumah sakit di Jawa tengah dan DIY serta 100 unit konsentrator oksigen melalui Kementerian Perindustrian. (jlo/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler