Penalti Lampard Selamatkan Muka Inggris

Rabu, 12 September 2012 – 06:37 WIB
Frank Lampard ketika mengeksekusi hadiah penalti. Foto: Getty Images
LONDON — Persaingan di Grup H, Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa semakin memanas. Ini setelah Ukraina berhasil menahan imbang tuan rumah Inggris dalam laga di Wembley Stadium, London, Rabu (12/9) dini hari WIB. Hasil imbang
ini membuat peta persaingan semakin terbuka mengingat tiga tim lainnya yakni Polandia, Montenegro dan Ukraina masih memiliki kesempatan yang sama lolos mewakili grup ini.

Bertanding di hadapan publik sendiri pelatih Roy Hodgson memasang Alex Oxlade-Chamberlain, Tom Cleverley dan  Jermain Defoe sebagai juru gedor. Sementara di lapangan tengah Lampard dan Gerrard menjadi pilihan utama.

Namun permainan apik yang ditunjukkan anak asuh Olog Blokhin sejak awal babak pertama membuat Inggris sulit mengembangkan permainan. Malah tim tamulah yang berhasil unggul di menit 39 lewat Yevhen Konoplyanka yang berhasil mengelabui barisan pertahanan tuan rumah. Inggris tertinggal 0-1.

Tertinggal satu angka membuat Inggris berupaya menyamakan keunggulan. Namun lagi-lagi kokohnya pertahanan yang dibangun Anatoliy Tymoshchuk membuat serangan Gerrard dan kawan-kawan tak membuahkan hasil. Kondisi ini memaksa Inggris tertinggal 0-1 hingga laga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Hodgson melakukan sejumlah rotasi. Daniel Sturridge  dimasukkan di menit 69 menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain, sementara Welbeck masuk menggantikan  Tom Cleverley di menit 62. Rotasi ini memang membuat serangan Inggris terlihat lebih efektif. Namun belum cukup kuat untuk membobol jala Ukraina. Kondisi ini membuat para pendukung tuan rumah harap-harap cemas.

Namun saat kekalahan di depan mata dewi fortuna itu muncul juga. Wasit C. Cakir asal Turki yang memimpin laga menunjuk titik putih setelah Sturridge dilanggar di kotak terlarang di menit ke 87.  Lampard yang ditunjuk sebagai algojo sukses mencetak gol penyeimbang. Skor menjadi 1-1 dan menghindarkan Inggris dari kekalahan pertamanya.

Namun demikian meski terhindar dari kalah, Inggris harus kehilangan sang kapten  Steven Gerrard di menit ke 88. Bintang Liverpool itu diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua.

Dengan hasil ini Inggris kini harus berbagi tempat di posisi tiga besar bersama Montenegro dan Polandia. Mereka berhasil mengoleksi empat angka  dari hasil dua laga. Sementara Ukraina yang baru melakukan sekali laga berada di posisi empat dengan satu angka. (zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sudah Jenuh Nonton Timnas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler