Penculikan Ayah Bintang Chelsea John Obi Mikel Berakhir

Setelah Sepuluh Hari Disekap, Lima Pelaku Berseragam Militer Ditangkap

Rabu, 24 Agustus 2011 – 09:28 WIB
John Obi Mikel. Foto: Reuters

JOHN Obi Mikel bisa bernapas legaAyah gelandang bertahan Chelsea itu, Michael Obi, telah dibebaskan polisi dari penculikan berkat operasi penggerebekan di Kano, salah satu kota terbesar di Nigeria, Senin malam waktu setempat (22/8).

Michael menjadi korban penculikan 12 Agustus lalu

BACA JUGA: The Gunners Masih dalam Bahaya

Dia diculik ketika tengah dalam perjalanan pulang dari tempatnya bekerja di Jos, sekitar 280 km dari Kano
Michael pun menceritakan insiden ketika dirinya tiba-tiba dibawa beberapa orang tidak dikenal itu.

"Lima orang membawa saya dan mereka berseragam militer

BACA JUGA: Cedera Terparah, Rishadi Harus Jalani MRI

Saya didorong menuju sebuah kendaraan yang dicat dengan warna militer lalu dikemudikan dengan kencang
Saya tidak pernah tahu sebuah kendaraan bisa melaju sekencang itu," ungkap Michael seperti dilansir Associated Press.

"Saya lalu di seret ke sebuah semak-semak dan disekap di sebuah area di Jos

BACA JUGA: Ketum Yakin Boaz Kembali

Saya ditahan di tempat yang buruk," sambungnya.

Michael juga menceritakan selama disekap, kurang lebih sepuluh hari, dirinya kerap disiksaKala ditemukan, kondisi Michael penuh luka lebam di sekujur tubuhnya"Saya mencoba memohon (agar dilepaskan), tapi mereka malah memukuli saya tanpa ampunSaya juga ditendang dengan sepatu militer mereka," jelasnya.

Ibrahim Idris, komisaris Kepolisian Kano, mengatakan apabila pihaknya bekerja keras untuk menemukan MichaelSebab, untuk melacak jejak pelaku penculikan, polisi harus mengubek-ubek Kano, melainkan seluruh wilayah di negara bagian Plateau.

"Kami mulai mengendus keberadaan para pelaku di sekitar wilayah Kabuga (di Kano) setelah mendapat informasi dari mantan polisi Jacob Kowen," jelasnya dalam sesi konferensi pers.

Dalam sesi itu, polisi juga menghadirkan pelaku penculikan kepada mediaYang menarik, jumlahnya tidak hanya lima orang, melainkan enam orang termasuk seorang wanitaPolisi belum memberi keterangan apakah para pelaku memang anggota militer karena menggunakan seragam militer"Ada dugaan salah satu pelaku adalah mantan perwira polisi," ujar Idris.

Polisi juga masih menyelidiki motif sebenarnya penculikanApakah hanya sekadar meminta tebusan (pelaku meminta tebusan Rp 1,1 triliun) atau karena konflik SARAUntuk diketahui, keluarga Mikel adalah suku Igbo atau suku minoritas di KanoSelain itu, Nigeria merupakan negara yang terbagi rata antara warga yang beragama Muslim (di utara) dan yang beragama Kristen (di selatan).

Di sisi lain, dibebaskannya Michael dari penculikan direspons positif oleh Mikel di LondonLewat rilis dari perusahaan manajemennya, Sport Entertainment & Media Group, Mikel berterima kasih kepada polisi maupun semua pihak yang membantu pembebasan penculikan ayahnya

Mikel, 24, memang seorang yang berjiwa tangguhSelama penculikan ayahnya, pemain yang berkostum Chelsea sejak 2006 itu tetap tegar dan bersikap profesional dengan tetap merumput saat melawan Stoke City (14/8) dan West Bromwich Albion (20/8).

Pelatih Chelsea Andre Villas-Boas pun memuji anak asuhnya itu"Di lapangan, anak itu (Mikel) tidak menunjukkan sikap apabila dia tengah mengalami cobaan beratDia tetap tampil normal," ungkapnya

Kasus penculikan keluarga pesepak bola di Nigeria bukan hanya dialami MikelTiga tahun lalu, adik kandung defender Everton Joseph Yobo diculik orang-orang bersenjata setelah keluar dari sebuah klab malam di Port Harcourt, sebuh kota pelabuhan di terbesar di NigeriaDua pekan setelah penculikan, adik Yobo dibebaskan(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Matangkan Skema di Jordania


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler