Pendaftaran Beasiswa TELADAN 2024, Ada Kuota untuk KIP Kuliah

Selasa, 30 Juli 2024 – 07:22 WIB
Pendaftaran Beasiswa TELADAN 2024 dibuka September. Head of Leadership Development & Scholarship Michael Susanto bersama 3 scholars 2023 di sela-sela TSG 2024. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tanoto Foundation akan membuka pendaftaran beasiswa TELADAN 2024 pada September mendatang.

Menariknya, tahun ini untuk pertama kalinya disiapkan kuota untuk mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

BACA JUGA: Erina Gudono Dapat Beasiswa Kuliah S2 di University of Pennsylvania

Head of Leadership Development & Scholarship Michael Susanto mengungkapkan Tanoto Foundation setiap tahunnya memberikan beasiswa TELADAN sebanyak 150-170 mahasiswa dari 10 universitas mitra. Nah, tahun ini disiapkan 100 kuota pemegang KIP Kuliah.

"Jadi, tahun ini akan kami buka sekitar 160 beasiswa, di mana 100 itu mahasiswa pemegang KIP Kuliah," kata Michael dalam sesi wawancara dengan media di Tanoto Scholars Gathering 2024, Pangkalan Kerinci, Senin (29/7).

BACA JUGA: Peringatan HAN, MIND ID Tebar Beasiswa hingga Pengentasan Stunting

Tersedianya kuota untuk mahasiswa pemegang KIP Kuliah ini, lanjutnya, atas koordinasi Tanoto Foundation dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kemendikbudristek sudah memberikan daftar 200 mahasiswa pemegang KIP Kuliah untuk mengikuti program TELADAN 2024.

BACA JUGA: Tanoto Foundation Luncurkan Program Fellowship, Yuk, Buruan Daftar

Nantinya, kata Michael, Tanoto akan tetap melakukan seleksi seperti mahasiswa lainnya melalui jalur reguler.

"Jalur reguler ini sebenarnya terbuka untuk seluruh mahasiswa yang menjadi mitra Tanoto. Namun, kami memberikan perhatian khusus untuk peserta dari latar belakang ekonomi keluarga kurang beruntung ," terangnya.

Dia menegaskan program TELADAN ini hanya buka di perguruan tinggi mitra dan sifatnya terbuka.

Siapa pun mahasiswa bisa ikut tanpa harus mendapatkan rekomendasi dari rektor.

Syarat pertama mahasiswa-mahasiswanya sudah masuk masuk semester I di perguruan tinggi mitra Tanoto, yaitu IPB University, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Riau, Universitas Hasanudin, serta Tanoto Scholars dari Singapura.

Setelah itu, mereka akan tes dari September sampai Desember. Para mahasiswa ini akan menjalani berbagai macam assessment.

"Intinya penerima biasiswa kami itu memang khusus bagi yang butuh beasiswa. Saat ini ada sekitar 80 persen penerima beasiswa kami berasal dari keluarga kurang mampu," ucapnya.

Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada 1981, melalui program TELADAN, mendukung terciptanya pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia yang andal dan dapat berkontribusi kepada masyarakat secara berkelanjutan.

Program TELADAN, memberikan dan memperlengkapi para mahasiswa dari 10 universitas mitra Tanoto Foundation beasiswa kuliah S1 dan pelatihan kepemimpinan yang terstruktur.

Salah satu bagian dari perjalanan pembelajaran para penerima beasiswa TELADAN (Tanoto Scholars) adalah Tanoto Scholars Gathering (TSG) yang diadakan setiap tahun. Tahun ini, TSG 2024 kembali diadakan di Pangkalan Kerinci, Riau dari 28 - 30 Juli. (esy/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler