Pendaftaran CPNS Ditutup 2 Juli 2024, Lulusan SMA Bisa Melamar

Sabtu, 22 Juni 2024 – 13:42 WIB
Pemkab Manokwari membuka pendaftaran CPNS 2021. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MANOKWARI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari, Papua Barat telah membuka pendaftaran CPNS mulai 15 Juni hingga 2 Juli 2024.

Namun, perlu diketahui bahwa pendaftaran CPNS Pemkab Manokwari merupakan formasi 2021, yang baru bisa dilaksanakan tahun ini.

BACA JUGA: Kapan Pendaftaran CPNS & PPPK 2024? Pak Wahyu Bilang Begini

Adapun pendaftaran CPNS 2024 hingga saat ini belum ditetapkan jadwalnya oleh Panselnas CASN 2024.

Pendaftaran CPNS formasi 2021 Kabupaten Manokwari menyediakan sebanyak 308 formasi, dengan syarat pendidikan minimal tamatan SMA/sederajat.

BACA JUGA: Kapan Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK Dibuka? Jawaban Panselnas Bikin Penasaran

Bupati Manokwari Hermus Indou mengajak warga Manokwari untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk melamar sebagai calon abdi negara pada pemerintah daerah.

"Ayo, manfaatkan kesempatan ini. Kita Pemkab Manokwari melihat penerimaan CPNS ini sebagai berkah sehingga begitu ditugaskan dari pemerintah pusat, kita langsung buka pendaftaran," kata Hermus di Manokwari, Jumat (21/6).

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2024 Gelombang I Ditutup, Jumlah Pelamar Luar Biasa

Dia mengatakan, kuota CPNS yang diberikan kali ini masih terbatas, yakni hanya 308 kursi.

Namun, dia optimistis penambahan alokasi PNS tersebut akan berdampak positif pada pelayanan pada masyarakat meskipun harus diimbangi dengan kemampuan fiskal daerah.

"Karena tentu penambahan PNS akan menambah pembiayaan daerah. Namun ini sudah menjadi perintah dari pemerintah pusat, sehingga harus dilaksanakan," ujarnya.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah mengumumkan pengadaan PNS tersebut melalui surat Nomor: 800/01/BKPSDM/2024 yang ditandatangani Bupati Manowari pada 14 Juni 2024.

Formasi CPNS 2021 tersebut diperuntukkan 80 persen untuk orang asli Papua (OAP) dan 20 persen non-OAP dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA/sederajat.

Para pelamar mendaftar melalui https://pbpbd-sscasn.bkn.go.id dari tanggal 15 Juni sampai 2 Juli 2024 dan hanya dapat memilih instansi Kabupaten Manokwari.

Seleksi akan dilakukan pada tiga tahap yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang.

Seleksi administratif tanggal 15 Juni-7 Juli 2024 sedangkan seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang dilakukan pada 29 Juli sampai 8 Agustus 2024.

Pelaksanaan seleksi bertempat di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Manokwari.

Seleksi administratif akan diumumkan tanggal 8-10 Juli 2024 di https://pbpbd-sscasn.bkn.go.id dan https://manokwarikab.go.id.

Sedangkan pengumuman hasil akhir seleksi CPNS Formasi 2021 dilakukan pada14-16 Agustus 2024.

Formasi CPNS yang dibuka adalah tenaga kesehatan untuk apoteker, dokter, dokter gigi, epidemolog, nutrisionis, perawat, dan tenaga promosi kesehatan.

Seleksi CPNS juga dibuka untuk penyuluh pertanian, analis hukum, arsiparis, medik verterner, penata kelola bangunan gedung dan kawasan pemukiman, penata ruang, dan pengawas lingkungan hidup.

Selain itu juga dibuka pengawas perdagangan, pengelola produksi perikanan tangkap, pengelola sumber daya air, pengendali dampak lingkungan, penyuluh sosial, perencana.

Ada juga formasi CPNS untuk pranata komputer, penelaah teknis kebijakan, administrasi perkantoran, serta pengolah data dan informasi. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler