Pendaftaran PPPK 2024: Jumlah PPPK Paruh Waktu Dipastikan Banyak Banget

Jumat, 27 September 2024 – 07:05 WIB
Jadwal pendaftaran PPPK 2024 molor. Ilustrasi ASN: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan membuka pendaftaran PPPK 2024, yang jadwalnya belum ditetapkan Panselnas CASN.

Pemprov Kepulauan Babel bersama DPRD Provinsi setempat menyepakati untuk mengajukan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2024 sebanyak 500 kursi.

BACA JUGA: Maaf, Pendaftaran PPPK 2024 Molor, Simak Penjelasan Terbaru dari BKN

"Kita bersama DPRD sudah sepakat mengajukan 500 orang PPPK tahun ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Sugito saat sosialisasi penyelesaian honorer dan kebijakan seleksi PPPK 2024 di Pangkalpinang, Kamis (26/9).

Dia berpesan kepada para pegawai non-ASN atau honorer di Pemprov Kepulauan Babel agar dapat semaksimal mungkin mempersiapkan diri dengan baik, sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam seleksi PPPK 2024.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024 Batal Diumumkan Hari Ini, Deputi BKN Ungkap Penyebabnya

"Kami berkomitmen agar seluruh honorer diangkat menjadi PPPK. Namun, di sisi lain, dengan melihat kondisi APBD kita saat ini belum memungkinkan untuk diangkat secara bersamaan," ujarnya.

Dia menekankan kepada jajarannya untuk menyusun instrumen regulasi yang objektif dalam seleksi PPPK tersebut, sehingga hasil seleksi tersebut akan sangat membantu meningkatkan kualitas aparatur di lingkungan pemerintah provinsi ini.

BACA JUGA: PPPK dan Honorer Ikut Senang & Terharu, Dipastikan Mulai Oktober

"Kami juga berharap jangan sampai setelah menjadi PPPK justru kinerjanya semakin menurun," pesannya.

Penjabat Sekda Provinsi Kepulauan Babel Fery Afriyanto menyampaikan 500 dari total 3.332 pegawai non-ASN di Pemprov Kepulauan Babel diajukan untuk penerimaan PPK tahap awal pada tahun ini.

Sisanya yang tidak mendapatkan formasi akan diangkat menjadi PPPK paruh waktu.

"Sebanyak 500 formasi itu untuk honorer nakes, guru, dan teknis. Seluruh PHL yang telah masuk database atau minimal bekerja dua tahun berturut-turut bisa ikut seleksi PPPK ini," ujarnya.

Terkait jadwal pendaftaran PPPK 2024, kabar terbaru datang dari Deputi bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen.

BKN selaku Panselnas CASN, lanjutnya, belum bisa membuka seleksi PPPK 2024 pada 26 September.

Dengan kata lain, pendaftaran PPPK 2024 juga belum bisa dibuka mulai hari ini, 27 September.

"Mohon maaf, BKN belum bisa membuka seleksi PPPK 2024 dimulai dengan tahap pengumuman hari ini (26/9) dilanjutkan pendaftaran PPPK 2024 pada 27 September, " kata Deputi Suharmen kepada JPNN, Kamis (26/9).

Mengenai penyebab pendaftaran PPPK 2024 molor dari rencana atau kesepakatan Komisi II DPR RI dan pemerintah yang mestinya 27 September, Suharmen menjelaskan, karena admin instansi belum melakukan setting formasi PPPK 2024 di SSCASN-nya masing-masing.

Namun, BKN bisa memakluminya, karena kemungkinan besar instansi masih sibuk atau padat kegiatan untuk menyelesaikan jawaban sanggah pelamar CPNS 2024 yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) di tahapan seleksi administrasi.

"Kami hari ini kembali mengingatkan instansi dengan bersurat kepada instansi agar segera melakukan setting formasi PPPK di sistem SSCASN-nya," kata Suharmen.

BKN menargetkan instansi harus bisa menyelesaikan setting formasi PPPK 2024 di sistem SSCASN paling lambat tanggal 29 September ini.

Suharmen berharap semua instansi bisa menyelesaikan setting formasi PPPK 2024 di sistem SSCASN sesuai batas waktu yang diminta BKN, yaitu maksimal 29 September.

"Jujur saja, saya agak kasihan dengan teman-teman instansi, karena satu belum selesai, tetapi sudah harus melakukan lagi yang lain. Namun, ini konsekuensi karena padatnya jadwal, banyaknya pendaftar CPNS 2024 dan sanggahan yang masuk,” kata Suharmen. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler