Penderita Asam Urat Pantang Konsumsi Sayuran Hijau?

Minggu, 31 Maret 2019 – 22:59 WIB
Sayur-sayuran sehat, segar dan awet. Foto: Humas Kementan

jpnn.com - Salah satu penyebab tingginya asam urat adalah pola makan. Jika Anda memiliki asam urat, penting untuk memperhatikan apa yang Anda konsumsi karena makanan tertentu bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Anda mungkin sudah tahu bahwa sayuran hijau sering dianggap sebagai biang keladi kambuhnya asam urat. Namun, apakah anggapan itu benar?

BACA JUGA: 5 Jenis Makanan ini Ramah Bagi Penderita Asam Urat

Orang dengan asam urat dianjurkan untuk melakukan diet rendah purin. Menurut American Academy of Family Physicians, diet rendah purin dapat mengurangi kadar asam urat sekaligus mencegah komplikasi yang lebih serius.

Purin merupakan zat yang diproduksi secara alami di dalam tubuh, tetapi dapat ditemukan di beberapa makanan. Meski tidak sepenuhnya buruk, Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya.

BACA JUGA: Waspada, 6 Makanan ini Pemicu Asam Urat

Saat tubuh mencerna purin, maka akan menghasilkan asam urat. Semakin banyak jumlah purin yang dikonsumsi, semakin tinggi pula jumlah asam urat yang mengendap di dalam tubuh.

Makanan yang harus dihindari

BACA JUGA: 7 Menu Sarapan Terbaik untuk yang Sedang Diet

Makanan tinggi purin yang sering memicu terjadinya serangan asam urat, antara lain jeroan, daging merah, makanan laut, alkohol, dan bir.

Selain itu, menurut penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal, konsumsi fruktosa dan minuman yang tinggi gula (seperti soft drink) bisa meningkatkan risiko serangan asam urat walaupun tidak mengandung purin.

Bagi Anda yang memiliki asam urat, batasilah makanan-makanan yang mengandung kadar purin tinggi (lebih dari 200 mg per 100 gr), seperti:

  • Jeroan: hati, ginjal, otak, paru
  • Daging merah: daging sapi, kambing, domba
  • Ikan: tuna, sarden, teri, makerel
  • Makanan laut: kerang kampak, udang, kepiting
  • Minuman tinggi gula: minuman bersoda
  • Oatmeal
  • Roti

Bagaimana dengan sayur dan buah?

Sejumlah makanan yang mengandung kadar purin rendah (kurang dari 100 mg per 100 gr), seperti buah-buahan, telur, dan sayuran, boleh dikonsumsi oleh orang dengan asam urat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal pada 2017, meski beberapa jenis sayuran (termasuk sayuran hijau) mengandung purin, konsumsinya masih tergolong aman untuk orang dengan asam urat.

Perhatikan bahwa beberapa jenis sayuran tertentu mengandung kadar purin sedang, seperti asparagus, bayam, kembang kol, dan jamur. Untuk itu, batasilah konsumsinya agar tidak berlebihan. (RS/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selain Makanan, ini Beberapa Faktor Risiko yang Bisa Meningkatkan Kadar Asam Urat


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler