Peneliti Kembangkan Bahan Kayu Transparan untuk Layar Hp

Rabu, 07 Oktober 2020 – 03:50 WIB
Ilustrasi ponsel pintar. Foto: AFP

jpnn.com - Peneliti Junyong Zhu dari Forest Products Laboratory bekerja sama dengan peneliti lain dari University of Maryland dan University of Colorado, mengembangkan bahan kayu transparan yang dapat digunakan untuk ponsel pintar.

"Para peneliti menemukan bahwa kayu transparan berpotensi mengungguli kaca yang saat ini digunakan dalam konstruksi hampir dalam segala hal," dikutip dari laman Kementerian Pertanian Amerika Serikat, Selasa.

BACA JUGA: Pulang dari Toko Hp Melintasi Kebun Karet, Sepi, Nafsu Ari Membuncah

Tim peneliti menggunakan kayu balsa sebagai bahan dasar, yang kemudian diberi bak pengoksidasi suhu kamar yang membuatnya hampir transparan.

Kemudian, kayu tersebut diisi dengan polimer sintetik yang disebut polivinil alkohol (PVA) sehingga transparan seperti kaca.

BACA JUGA: Dukung Belajar Online, Samsung Tawarkan Hp Sejutaan dengan Paket Internet Spesial

Disebutkan, produksi kaca dapat meninggalkan jejak karbon yang berat. Emisi manufaktur sekitar 25.000 metrik ton per tahun.

"Kini, kayu transparan muncul sebagai salah satu material paling menjanjikan di masa depan," tulis laman USDA.

BACA JUGA: Nokia C1 Pilihan Hp Murah di Bawah Rp 1 Juta

Kayu transparan ini disebut lebih tahan lama dan ringan dari kaca biasa juga dapat dibengkokkan.

Material baru itu juga dapat menahan benturan yang jauh lebih kuat dari kaca, juga sangat murah untuk diproduksi secara massal.

Saat ini, menurut laporan Phone Arena, para peneliti fokus pada pengaplikasian material tersebut dalam konstruksi smartphone.

Efisiensi termal yang tinggi membuatnya ideal untuk jendela menggantikan kaca konvensional. Bahkan, kemungkinan juga dapat berpotensi untuk digunakan dalam industri otomotif. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler