Peneliti Minta Sekolah Terapkan Permainan Tradisional

Senin, 10 Agustus 2015 – 12:45 WIB
radar cirebon

jpnn.com - JAKARTA - Permainan tradisional dianggap perlu dimasukkan dalam kegiatan belajar di sekolah. Hal itu diungkapkan peneliti permainan tradisional dari Komunitas Hong Zaini Ali.

"Aplikasi permainan tradisional di sekolah tidak memerlukan waktu atau mata pelajaran khusus. Yang paling penting adalah bagaimana guru-guru bisa diajak berkreasi dan menggunakan permainan tradisional sebagai media penyampai suatu mata pelajaran,"kata Zaini, Senin (10/8).

BACA JUGA: Duh! Siswa SD Belajar di Gudang

Dia menambahkan, Indonesia memiliki banyak permainan tradisional karena letak geografis yang sangat luas. Nah, permainan tradisional itu juga mengandung nilai positif, terutama pendidikan karakter.

Zaini mengatakan, sosialisasi permainan tradisional ke masyarakat harus melibatkan banyak pihak. Ia mengakui, selama ini Kemendikbud sangat terbuka dalam membantu penyebarluasan informasi dan sosialisasi permainan tradisional di berbagai daerah melalui pameran, workshop dan seminar.

BACA JUGA: Percepat Penyediaan Akses Internet di Sekolah Wilayah 3T

"Harapan saya nanti Kemendikbud bisa bikin program lain yang aplikatif. Artinya mereka (anak-anak) sudah dikenalkan (permainan tradisional), sudah tertarik, kemudian bagaimana aplikasinya di kelas,” tegas Zaini. (esy/jpnn)

 

BACA JUGA: Ermaya Jadi Rektor IPDN, Mendagri Wanti-Wanti Jangan Ada KKN

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3,8 Juta Guru Diuji Kompetensi Mulai Tahun Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler