Penentuan Karir PNS Diperketat

Selasa, 24 Januari 2012 – 17:08 WIB

JAKARTA--Iklim kerja PNS yang selama ini berada dalam zona nyaman (comport zone), akan diubah menjadi competitive zone. Ini berarti budaya datang terlambat pulang cepat, perlahan-lahan akan dikikis.

"Saya sadari kalau kebijakan ini diterapkan, akan timbul kekhawatiran di kalangan PNS. Apalagi mereka sudah lama terbiasa di iklim comport zone," kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo di Jakarta, Selasa (24/1).

Para PNS yang saat ini menduduki jabatan-jabatan tertentu, mau tidak mau harus masuk ke iklim persaingan (competitive zone). Meski senior tapi kalau kemampuannya pas-pasan, jabatannya bisa dicopot dan diisi dengan PNS yang berkualifikasi di atas rata-rata.

"Meski usia muda, tapi kemampuannya oke, golongan kepangkatannya cukup, bukan tidak mungkin itu yang akan ditonjolkan dan diberi jabatan. Jadi di iklim competitive zone ini, kesempatan besar bagi PNS untuk mengembangkan dirinya," ucapnya.

Guru besar Universitas Indonesia ini juga meminta agar seluruh pegawai harus menerima dan memahami perubahan tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk perbaikan kinerja, tanpa mengesampingkan pembinaan karier PNS yang ada.

"Karir PNS akan tetap jalan dan tidak ada penonjoban. Hanya saja pengisian jabatan akan diperketat dan diisi lewat mekanisme yang jelas. Jadi bukan atas dasar like and dislike," tandasnya. (Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Apresiasi 10 Komitmen Kapolri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler