Penentuan Kelulusan CPNS tak Libatkan BKD

Jumat, 08 November 2013 – 18:04 WIB
Pelamar CPNS mengikuti tes. Foto: JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Mustari Soba menegaskan, BKD Kabupaten/Kota tidak dilibatkan dalam penetapan kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), baik pelamar umum maupun jalur honorer K2. Menurutnya, kewenangan itu ada di tingkat pusat.

Mustari menjelaskan jangankan diikutkan penenuan kelulusan CPNS, pemeriksaan lembar jawaban para pelamar saja diambil alih oleh pusat.

BACA JUGA: Desak Menteri PU Selesaikan Tol Sumo

"Semua kewenangan pusat, tidak ada dari daerah yang ikut dalam pemeriksaan lembar jawaban," ujar Mustari seperti yang dilansir FAJAR (JPNN Group), Jumat (8/11).

Ia mengatakan setelah pemeriksaan lembar jawaban tersebut rampung, panitia seleksi CPNS nasional akan menetapkan nama-nama yang dinyatakan berhak lulus menjadi abdi negara tersebut. "Jadi, BKD hanya mengumumkan nama-nama yang lulus. Yang tetapkan nama-namanya itu adalah panitia pusat," sebutnya.

BACA JUGA: Ungkap Judi Online, Polda Gandeng PPATK

Makanya, tidak akan mungkin ada celah bagi daerah untuk "bermain-main" dalam penetapan kelulusan CPNS. Karena semua dilakukan oleh pusat dan dalam pengawasan ketat aparat, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hasil tes CPNS 2013 rencananya akan diumumkan secara serentak pada 3 Desember nanti, baik jalur umum maupun jalur honorer K2. (sil/awa/jpnn)    

BACA JUGA: Target, Kabupaten Tasik Selatan Terbentuk 2015

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahasiswa Tuntut Zaini-Muzakir Mundur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler